MISTERI USIA LUKISAN BATU CADAS DI AFRIKA SELATAN AKHIRNYA TERKUAK

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Misteri Usia Lukisan Batu Cadas Di Afrika Selatan Akhirnya Terkuak


Mahessa83 | Seperti kita ketahui bahwa wilayah selatan Afrika kaya akan koleksi dari Seni Lukisan Batu Cadas yang ditinggalkan oleh para pemburu kuno. Dengan mengumpulkan sampel cat, para peneliti berhasil mengindetifikasikan jenis karbon dalam pigmen yang pada akhirnya mereka tahu bahwa Lukisan Batu Cadas di Afrika Selatan telah berusia 5000 tahun.

Misteri Usia Lukisan Batu Cadas Di Afrika Selatan Akhirnya Terkuak

Dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai akselerator spektrometri massa radiokarbon yang mirip dengan data radiokarbon tradisional tetapi bisa menganalisa fragmen yang lebih kecil pada artefak.

Tim mengumpulkan sampel cat kecil untuk di analisis dengan menggunakan mikroskop cahaya. Miskroskop elektron energi disfersif X-ray spektroskopi (SEM-EDS), Raman dan Tranformasi Fourier Inframerah (FTIR) spektroskopi untuk menentukan morfologi dan komposisi unsur dan molekul.

Proses ini dapat membantu tim peneliti untuk menentukan apakah lukisan yang terdiri dari karbon. Dan jika Lukisan Batu Cadas berasal dari bahan organik yang berumur pendek daripada arang karena arang yang digunakan bisa jauh lebih tua dari Lukisan Batu Cadas.

Terkahir tim menggunakan teknik kimia mutakhir untuk membersihkan sampel  untuk menghindari kontaminasi.

Para ilmuwan juga menggunakan modifikasi prosedur asam basa asam yang dihapus salah satu kontaminan radiokarbon dari pigmen,

Baca Juga : Perhiasan Tulang Dari Zaman Es Ditemukan di Pulau Sulawesi, Indonesia 

Tim peneliti juga menemukan bahwa orang-orang Bushman melakukannya dengan menggunakan arang, tetapi mereka juga menemukan jelaga dan karbon hitam berada pada pigmen. dua item yang membantu tim peneliti untuk dapat menemukan usia dari Lukisan Batu Cadas di Afrika Selatan. 

Sehingga pada akhirnya tim peneliti berhasil menentukan usia Lukisan Batu Cadas Di Afrika Selatan yang mereka catat adalah 5723-4420 kal BP.

Penelitian yang dilakukan selama hampir 40 tahun terakhir telah menunjukkan bahwa seni adalah yang paling produktif dan komfrenhensif yang dijelaskan sebagai ekspresi material dari kekuatan spesialis ritual (dukun) dan kosmologi yang lebih luas dimana kekuatan-kekuatan yang dieksekusi sering dalam kesadaran yang berubah-ubah. Sehingga karya seni Zaman Batu Bushmen telah mempengaruhi studi seni batu diseluruh dunia.

Lukisan Batu Cadas Berusia 5000 Tahun yang ditemukan di Afrika Selatan terletak di 14 situs di tiga wilayah yang berbeda di Afrika Selatan. Mereka ditemukan di the Thune Dam, Botswana, Phuthuatsana Valley, Lesotho dan Kabupaten Maclear di Afrika Selatan.

Selama bertahun-tahun para ahli telah meneliti keberadaan dan makna dibalik Lukisan Batu Cadas ini, tetapi mereka belum mampu menemukan kapan Lukisan Batu Cadas ini dibuat.



sumber:DailyMail

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "MISTERI USIA LUKISAN BATU CADAS DI AFRIKA SELATAN AKHIRNYA TERKUAK"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.