MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN, TIKET MASUK CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM DIGRATISKAN

Menyambut Kemerdekaan, Tiket Masuk Cagar Budaya Dan Museum Digratiskan


Mahessa83 | Buat Anda yang ingin berlibur bersama keluarga di sepanjang bulan Agustus sambil menambah wawasan kemerdekaan, Cobalah kunjungi beberapa Museum dan Cagar Budaya yang dikelola oleh Kemendikbud secara gratis.

Menyambut Hari Kemerdekaan Ke-72, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) mengratiskan tiket masuk ke Cagar Budaya dan Museum bagi seluruh pengunjungnya selama bulan Agustus 2017.

"Semua Cagar Budaya dan Museum yang berada dalam naungan Kemendikbud diseluruh Indonesia akan digratiskan untuk seluruh wisatawan yang datang berkunjung, " kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) Bapak Muhadjir Effendy seperti yang kami lansir dari laman kemendikbud.go.id.

Berikut 10 Museum dan Balai Budaya Gratis selama bulan kemerdekaan Indonesia dan beberapa Cagar Budaya yang dikelola oleh Kemendikbud.
 
1. Museum Nasional Indonesia
 
Museum Nasional Indonesia
 
Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum yang dibangun pada tanggal 24 April 1778 banyak menyimpan koleksi benda-benda kuno dari seluruh Indonesia seperti arca kuno, prasasti dan benda-benda kuno lainnya dari barang-barang kerajinan etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah dan benda-benda berharga lainnya.
 
Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Museum Nasional Indonesia bersama keluarga, Museum ini terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
 
2. Museum Basoeki Abdulah
 
Museum Basoeki Abdulah
 
Tiket Masuk Gratis Ke Cagar Budaya dan Museum lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Museum Basuki Abdullah yang terletak di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat No. 19 Jakarta Selatan. Museum ini berisi karya dari Basuki Abdullah seperti lukisan asli, lukisan repro, patung, topeng, wayang kulit, wayang golek, pakaian, senjata, hiasan, peralatan dapur, mebelair, peraga, musik, foto, buku dan ruang memorial.
 
3. Museum Benteng Vredeburg 
 
Museum Benteng Vredeburg
 
Museum Benteng Vredeburg yang terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Kesultanan Yogyakarta. Saat ini benteng ini telah menjadi museum yang dapat Anda kunjungi secara gratis selama bulan kemerdekaan untuk melihat diorama mengenai sejarah Indonesia.
 
4. Museum Kebangkitan Nasional
 
Museum Kebangkitan Nasional
 
Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional dan ditemukannya pergerakan modern pertamakali dengan nama Pergerakan Boedi Oetomo. Jika Anda ingin berkunjung ke museum ini datanglah ke Jalan Abdurrahman Saleh No.26 sebelum RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
 
Di museum ini Anda dapat menyakiskan ruang kelas, laboratorium, asrama, tempat olahraga, kantin, dapur dan aula. Selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan seluruh koleksi museum dengan total 2.042 buah berupa bangunan, mebel, jam dinding, gantungan lonceng, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata, foto, lukisan, patung, diorama, peta/maket.sketsa, dan miniatur. 
 
5. Museum Sumpah Pemuda
 
Museum Sumpah Pemuda
 
Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan Republik Indonesia yang terletak di Jalan Kramat Raya No. 106 Jakarta Pusat. Museum ini dibuka untuk umum setiap hari Selasa sampai dengan hari Jum'at dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 wib serta pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 wib.
 
Menyambut Hari Kemerdekaan, Tiket Masuk Ke Museum ini Gratis untuk semua pengunjungnya untuk menyaksikan koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan Sejarah Sumpah Pemuda serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia.   
 
6. Museum Perumusan Naskah Proklmasi
 
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
 
Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Musparok)  adalah gedung yang dibangun sebagai monumen peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Museum yang dibangun pada tahun 1920 dengan gaya Arsitektur Eropa terdapat ruangan, mebel kuno dan aksesoris yang menggambarkan suasana berupa peristiwa perumusan naskah proklamasi.
 
7. Museum Kepresiden Republik Indonesia 
 
Museum Kepresidenan Republik Indonesia
 
Museum Kepresidenan Republik Indonesia atau Balai Kirti adalah museum khusus mengenai sejarah dan keberhasilan Presiden RI. Museum yang berada di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor  ini diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Oktober 2014 dan dibuka untuk umum pada tanggal 24 Oktober 2014 menyajikan berbagai tempat edukasi, rekreasi dan juga interaksi sejarah. 
 
8.Balai Pelestarian  Manusia Purba Sangiran

Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran

Balai Pelstarian Manusia Purba Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini berdekatan dengan Museum Purbakala Sangiran yang merupakan salah satu Situs Warisan Budaya UNESCO di Indonesia. 
 
Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran banyak menyimpan artefak kuno dan sisa tulang belulang manusia purba serta hewan purba dari tanah Jawa era Prasejarah.
 
9. Museum Manusia Purba Klaster Bukuran

Museum Manusia Purba Klaster Bukuran

Museum Manusia Purba Klaster Bukuran merupakan klaster dari Museum Manusia Purba Sangiran yang ada di Desa Sangiran, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Museum yang terdiri hanya satu gedung saja tetapi memiliki arsitektur yang sangat kreatif membuat museum ini terlihat besar.
 
10.  Museum Lapangan Manyarejo
 
Museum Lapangan Manyarejo
 
Tiket Masuk Gratis Cagar Budaya dan Museum Menyambut Hari Kemerdekaan selanjutnya adalah Museum Lapangan Manyarejo yang berupa Museum Klaster dari Museum Manusia Purba Sangiran, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Proinsi Jawa Tengah.   

Museum ini merupakan museum lapangan yang dapat menjelaskan kondisi dilapangan saat Sangiran pertama kali di ekspor oleh para peneliti hingga kondisi Sangiran seperti sekarang ini. Informasi yang disajikan merupakan informasi beserta bukti-bukti ilmiah yang mudah dipahami oleh pengunjung.
 
Sementara itu total Cagar Budaya yang dikelola oleh Kemendikbud mencapai 300 buah yang tersebar diseluruh Indonesia. 

Selain itu untuk merayakan bulan kemerdekaan, Kemendikbud juga akan mengirimkan buku cerita rakyat sebanyak 170 judul yang berasal dari cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke. Buku cerita ini dipilih dari beranekaragam latar belakang budaya yang bertujuan untuk membangun rasa kemerdekaan 
 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook