PROYEK HUBAKKUK KAPAL RAHASIA INGGRIS TERBUAT DARI ES

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Proyek Hubakkuk Kapal Rahasia Inggris Terbuat Dari Es 


Mahessa83 | Masa-masa putus asa menyerukan tindakan putus asa. dan tidak ada waktu dalam sejarah yang sangat memprihatinkan saat negara-negara terkuat di dunia bertekad menhgancurkan satu sama lainnya. Saat itulah Perang Dunia II dan sekutu-kutunya kehabisan sumber daya penting yang dibutuhkan untuk membangun peralatan militer dan angkatan laut yang salah satunya adalah baja.

Di Atlantik Utara, Armada Inggris menabrak Kapal U-Boat Jerman,. Pasukan pasokan sekutu yang berada di seberang lautan di cegat dan di tenggelamkan oleh Kapal U-Boat Jerman pada tingkatan yang mengkhatirkan. Pesawat bisa melindungi kapal, tapi kapal-kapal tersebut tidak dapat digunakan di tengah lautan tanpa kapal induk. Dan beda-benda itu sangat besar dan membutuhkan sejumlah besar baja untuk di produksi yang kekurangan pasokanya. Saat itu yang dibutuhkan adalah cara agar pesawat terbang dapat mendarat dan mengisi bahan bakar tanpa mengeluarkan sumber daya yang sudah tegang.

Proyek Hubakkuk
Konsep seorang seniman tentang Proyek Habakuk.

Seorang ilmuwan Inggris bernama Geoffrey Pyke yang bekerja di Markas Besar Gabungan Operasi sebagai penasehat Kepala Lord Mountbatten mengemukakan gagasan fantatis membuat Kapal Induk Dari Es. Es itu keras tidak tenggelam dan kerusakan bisa diperbaiki dengan mudah di tempat dengan hanya membekukan potongan es baru ke tempatnya.

Pyke yang memiliki kecenderungan untuk mengemukakan gagasan yang keterlaluan menyarankan agar sebatang besar gunung es Arkttik di putus dan di tarik ke laut. Dengan permukaan yang diratakan, es akan berfungsi sebagai landasan pendaratan dan jika mereka bisa melubangi pusatnya maka tempat itu bisa menjadi tempat yang ideal untuk melindungi pesawat.

Entah bagaimana, Pyke berhasil menjual gagasannya tersebut kepada Lord Mountbatten yang mampu meyakinkan Winston Churchil  bahwa perang bisa dimenangkan dengan es. Churchill memberi lampu hijau dan proyek itu di beri kode "Proyek Hubakkuk" sebuah referensi untuk sebuah ayat dari Kitab alkitabiah Hubakkuk "Sangat takjub karena saya akan melakukan sesuatu di masa anda tidak akan percaya bahkan jikaanda di beritahu (Hubakkuk 1-5, NIV)

Proyek Hubakkuk, Kapal Rahasia Inggris Terbuat Dari Es atau Kapal Induk yang gagasannya datang dari Pyke sepanjang 2.000 kaki dan lebar 300 kaki dengan berat lebih dari 2 juta ton, lambung torpedo-proof setinggi 40 kaki dilengkapi dengan 40 menara berjejer ganda dan banyak senjata anti pesawat ringan. 

Landasan pesawat bisa menampung sekitar 150 pesawat pembom kembar atau pesawat tempur. Namun ada satu masalah besar, es mencair, tapi Geoffrey Pyke memiliki solusi untuk itu juga. Sistem pendingin besar yang terdiri dari jaringan pipa yang kompleks akan memompa refigeran dingin ke seluruh kapal agar es tidak mencair.

Proyek Hubakkuk


Segera prototipe 1.000 ton yang panjangnya 60 kaki dibangun di Patricia Lake di Canadian Rockies. Sistem pendingin tenaga kuda satu orang membuat kapal cukup dingin untuk bertahan selama bulan-bulan di musim panas.

Selama tes, beberapa masalah baru muncul. Meski es nya keras, rasanya rapuh. selain itu lapisan es mengalami tekanan di bawah tekanan. dan sebuah kapal sebesar Hubakkuk akan melorot krena bobotnya sendiri. 

Dengan senang hati dua periset di Institute Politeknik Brooklyn New York, melakukan terobosan. Mereka menemukan bahwa jika pompa kayu atau serbuk gergaji dicampur air akan membeku. Material yang dihasilakan empat belas kali lebih kuat  daripada es biasa dan lebih keras dari beton.

Percobaan menunjukkan bahwa bahan baru ini sangat tahan terhadap kompresi, chipping dan bahkan peluru. Mesin itu bisa dilapisi seperti kayu dan dilemparkan ke dalam bentuk seperti logam. dan saat direndam di dalam air, ia membentuk selubung isolasi dari pulp kayu basah di permukaannya yang melindungi bagian dalamnya dari pelelhan lebih lanjut. Bahan ajaib ini dinamai Pykrete untuk menghormati Pyke.

Cerita berlanjut bahwa Churchill sedang mandi suatu hari di rumahnya pada akhir tahun 1942. saat Lord Mountbatten yang bersemangat menerobos masuk ke kamar mandinya dan menjatuhkan sepotong Pykrete ke bak mandi. Selama beberapa menit berikutnya keduanya menyaksikan dengan takjub saat es tersebut menolak mencair dalam air hangat.

Anekdot lain yang melibatkan demontrasi antusias dari Lord Mountbatten yang telah dikukuhkan oleh sejumlah saksi terjadi selama Konferensi Quebec pada tahun 1943, Untuk konferensi tersebut Lord Mountbatten membawa dua blok yang terbuat dari es dan yang lainnya terbuat dari Pykrete dan menempatkan keduanya di tanah. Lalu tanpa peringatan, ia mengeluarkan pistolnya dan menembak ke arah blok es. menghancurkannya sampai hancur berkeping-keping. Dia kemudian memutar pistolnya ke Pkykrete dan melepaskan tembakan. Kali ini peluru memantul dari blok dan mendengung di kaki para pengamat seperti lebah yang marah. Peluru itu merumput kaki celana Laksamana Ernest King dan berakhir di dinding.


Proyek Hubakkuk

Materi ajaib itulah yang dibutuhkan Geoffrey Pyke untuk kesuksesan Proyek Hubakkuk. Desain dan rencana pembangunan kapal induk dilarikan ke depan. Setiap Kapal Hubakkuk ditentukan membutuhkan 300.000 ton pulp kayu, 25.000 ton papan serat papan, 35.000 ton kayu, dan 10.000 ton baja. Biaya asli dipatok dengan harga  £ 700.000.

Namun seiring dengan berjalannya desain, semakin jelas bahwa diperlukan penguatan baja lebih banyak dan juga isolasi yang lebih efektif. dan perkiraan biaya melonjak menjadi  £ 2.5 juta (lebih dari £ 100 juta pada saat ini). Kemudi juga menimbulkan beberapa masalah, Sebuah kapal yang sangat besar akan memiliki kemampuan manuver terbatas dan kecepatan tertinggi hanya 6 knot yang menurut Angkatan Laut sangat lambat.

Tapi masalah terbesar adalah bahan baku itu sendiri. Seperti baja, kayu itu sendiri kekurangan pasokan. dan bangunan bahkan satu Hubakkuk pun akan sangat mempengaruhi produksi kertas. Menambah kompleksitas bangunan, isolasidan pendingin seperti struktur besar akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak dimiliki oleh sekutu.

Akhirnya Proyek Hubakkuk dibatalkan dan beberapa langkah praktis dilakukan seperti mendirikan lapangan udara di Azaores yang memfasilitasi pemburuan Kapal U-Boat Jerman di Atlantik, menambahkan tangki bahan bakar yang lebih besar ke pesawat Inggris untuk memperpanjang waktu patroli di atas Atlantik, dan meningkatkan jumlah pengawalan.

Saat ini satu-satunya sisa Proyek Hubakkuk yang sebenarnya terletak di dasar Danau Patricia di Alberta, Kanada, tempat prototipe tersebut di uji. Sebuah ekspedisi menyelam ke lokasi pada tahun 1985, menemukan dinding kayu dari lambung kapal, sebuah aluran kerja saluran udara dingin yang luar biasa bersamaan dengan sejumlah besar aspal yang digunakan sebagai bagian dari isolasi dan sebuah plakat bawah air yang memperingati proyek tersebut.

Proyek Hubakkuk

Proyek Hubakkuk


Proyek Hubakkuk

Proyek Hubakkuk

Bangkai kapal es dibawah Danau Patricia, Kredit foto : divermag.com 


sumber: amusingplanet.            

 

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "PROYEK HUBAKKUK KAPAL RAHASIA INGGRIS TERBUAT DARI ES"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.