TRANSIT ELEVATED BUS HINDARI KEMACETAN TOTAL DI CHINA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Transit Elevated Bus Hindari Kemacetan Total Di China  


Mahessa83 | China telah meluncurkan sebuah bus futuristik yang mampu mengendarai mobil lain yang macet dalam kemacetan lalulintas yang mengerikan yang telah terkenal di banyak kota di China. Ketika sebuah video model mini yang disebut Transit Elevated Bus (TEB) meluncur diatas mobil ditengah kemacetan menjadi viral di internet pada akhir Mei tahun ini. Hal ini tentunya sangat menggembirakan karena dapat mengurangi angka kemacetan di kota-kota besar di dunia dan konsep tersebut sekarang telah menjadi sebuah kenyataan dalam waktu dua bulan.

Transit Elevated Bus Hindari Kemacetan Total Di China

Prototipe yang dipasang dijalan-jalan di kota Qinhuangdao timur laut atau sekitar 300 kilometer timur Beijing menyelusuri jalur kendali sejauh 300 meter. Transit Elevated Bus membentang lebar pada kedua jalur jalan raya dan mengendarai dua jalur yang diletakan di tepi kedua jalur yang dapat mencapai kecepatan hingga 60kmph. Tinggi keseluruhan Transit Elevated Bus sekitar 4,8 meter, memungkinkan mobil lainnya melintas dengan nyaman dibawahnya seperti yang kami lansir dari laman amusingplanet.com.

Transit Elevated Bus Hindari Kemacetan Total Di China

Transit Elevated Bus tidak hanya dapat menghindari kemacetan lalu lintas tetapi juga mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh bus reguler yang menaikan dan menurunkan penumpang di halte bus.


Menurut Song Youzhou, chief engineer proyek, satu transit Transit Elevated Bus bisa menggantikan 41 bus reguler. Apalagi untuk 4 TEB bisa dihubungkan sama untuk membuat semacam trem. Sebuah Transit Elevated Bus dengan jarak tempuh 40 km bisa menghabiskan biaya sekitar US $ 74,5 juta yang setara dengan seperseluh biaya membangun kereta bawah tanah. Transit Elevated Bus juga bisa berjalan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kereta bawah tanah karena insfrastruktur pendukungnya lebih sederhana.


Transit Elevated Bus Hindari Kemacetan Total Di China

Ide pembuatan Transit Elevated Bus bukanlah baru. Pada awalnya pembuatan Transit Elevated Bus telah diusulkan pada tahun 1969 oleh dua arsitek Amerika - Craig Hodgetts dan Lester Walker. sebagai konsep transportasi umum yang disebut "The Bos-Wash Landliner" yang dijalankan dari Boston ke New York.

Transit Elevated Bus Hindari Kemacetan Total Di China

Bos-Wash Landliner adalah konsep yang jauh futuristik. Ia dapat berjalan diatas bantalan hampir tanpa suara gesekan pada jarak 200 mil per jam tanpa henti. Sebagai gantinya, lengan cakar yang besar turun dari landline sehingga bisa dilewati bus reguler dibawahnya. Ide ini terlalu fantastis dan terlalu nyata untuk benar-benar bisa dikembangkan dan ini tetap hanya sebuah gagasan.

Lihat videonya dibawah ini, 
Transit Elevated Bus (TEB)
  

 
 
 

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

1 Response to "TRANSIT ELEVATED BUS HINDARI KEMACETAN TOTAL DI CHINA"

  1. Anjrit keren banget....China selalu punya teknologi yang mantap

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.