SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel


Mahessa83 | Telegraf Pertama Di Dunia atau Sinyal Asap atau Suar telah digunakan untuk menyampaikan pesan jarak pendek sejak Zaman Kuno. Tetapi satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mengirim pesan jarak jauh adalah dengan mengirim seorang utusan berkuda atau menggunakan Merpati Post sampai munculnya Telegraf Listrik. 

Tetapi sebelum munculnya Telegraf Listrik, Ada telegraf lain yang telah muncul di benua Eropa. Berdasarkan dengan prinsip yang sama dari bendera yang melambai yang dikibarkan oleh Angkatan Laut yang masih tetap digunakan hingga hari ini. 

SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
Ilustrasi Menara Semaphone di Napoleon, Perancis. Foto kredit Internet Archip.

Semaphore Telegraph Pertama Di Dunia, peninggalan jaringan dari abad ke-17 yang sangat efisien ini masih dapat ditemukan di seluruh wilayah Eropa.

Semaphore adalah Telegraph Pertama Di Dunia yang merupakan sebuah jaringan komunikasi yang paling sukses berskala besar yang memungkinkan pengiriman lebih cepat jika dibandingkan dengan utusan berkuda. Memang kata "Telegraf" yang berarti menulis jarak jauh dalam bahasa Yunani diciptakan untuk menggambarkan jaringan yang disebut Semaphore.   

Semaphore pertama kalinya muncul pada musim panas di tahun 1790 ketika Perancis berada diambang revolusi. Ini merupakan periode kerusuhan yang sangat parah. Orang-orang turun ke jalan-jalan dan raja sedang berperang melawan kerajaan tetangganya. Sebuah sistem diperlukan oleh Pemerintah Perancis untuk menerima dan mengirim pesan ke para intelijen dalam waktu sesingkat mungkin. Hingga akhirnya Perancis membuat sistem Semaphore Chappe.

Sistem Semaphore Chappe terdiri dari serangkaian menara yang ditempatkan setiap sekitar 20 mil. Setiap tower menara dibuat dua lengan kayu yang dapat bergerak yang dihubungkan dengan palang kayu dibawahnya yang berguna untuk memindahkan lengan kayu dengan posisi dan sudut yang berbeda. Setiap operator menara dapat merubah 196 simbol yang berbeda yang dapat diamati oleh operator menara berikutnya. Dengan cara ini pesan dapat dikirimkan melalui menara yang satu ke menara.lainnya.

Operator juga terus diminta untuk memeriksa menara tetangga setiap beberapa menit sekali untuk melihat sinyal pesan baru dan mengirimkannya kembali ke menara berikutnya dengan memutar tuas dan roda gigi.  Operator juga harus bisa memastikan bahwa operator menara berikutnya dapat membaca isi pesan dengan benar dan meletakan bendera kesalahan jika pengiriman pesan gagal dilakukan.


SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
Diagram menunjukkan sistem Chappe, seperti yang digunakan hanya untuk signaling huruf dan angka. Kredit gambar : Rees's Cyclopedia. 

Tidak seperti grafik diatas, sebagian besar pesan yang terenkripsi dan operator tidak tahu apa arti simbol yang dimaksud. Tugas mereka hanya menerima dan mengirimkan apa yang mereka lihat ke satasiun berikutnya. Untuk menerjemahkan simbol dengan kata-kata, seseorang membutuhkan buku panduan dan ini merupakan rahasia militer yang dijaga dengan sangat ketat.

Menyediakan visibilitas yang baik, Operator yang trampil bisa mengirimkan tiga simbol dalam satu menit. Sebuah simbol tunggal dapat di kirim dari Paris ke Lille dalam jarak sekitar 200 kilometer hanya dalam waktu 9 menit. 

Tetapi sebuah simbol yang lengkap yang terdiri lebih dari 30 simbol dapat diterima dalam waktu 30 menit. Pada bulan Agustus 1794, Sistem Semaphone dikirim dari Paris dapat diterima di Conde-sur-Escaut, Austria dalam waktu sekitar satu jam saja.

Keberhasilah Semaphore menyebabkan garis telegraf lebih banyak dibangun di Perancis dan jaringan serupa juga banyak bermunculan di negara-negara Eropa lainnya terutama di negara Inggris dan Swedia. Jaringan Semaphore terluas yang pernah dibuat adalah terdiri dari 556 stasiun yang mencakup jarak sekitar 4.800 kilometer.

Semaphore Sebagai Telegraph Pertama Di Dunia menuai sukses di Perancis sehingga pada awalnya pemerintah Perancis menolak kehadiran Telegrap Listrik Samuel Morse hadir di negaranya. Telegrap Pertama Di Dunia Semaphore tetap digunakan di Perancis hingga tahun 1852 sementara di Swedia layanan Semaphone berakhir pada tahun 1880.
SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
 Jaringan Semaphore di Perancis. Gambar kredit : Jeunamateur / Wikimedia

SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
Sebuah menara Semaphore Chappe dekat Severne, Perancis, Foto kredit : Hans-Peter Scholz / Wikimedia.

SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
Sebuah replika dari salah satu Menara Semaphore Chappel Nalbach, Jerman. Foto kredit : Lokilech / Wikimedia. 

SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA
Sebuah reflika Telegraf Optik di Stockholm, Swedia, Photo kredit : CBX / Wikimedia.

Nah itulah Sejarah Semaphore, Telegraph Pertama Di Dunia yang kami lansir dari laman amusingplanet.com. Semoga dapat bermanfaat buat kita semua.  
 
 

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "SEMAPHORE : TELEGRAPH PERTAMA DI DUNIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.