10 PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA SAAT INI

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini 


Mahessa83 |  Pada masa lalu, banyak manusia bermimpi untuk bisa dapat terbang. Setelah kita menemukan dasar-dasar terbang, semuanya berubah sejak saat itu. Selama bertahun-tahun kita telah melihat evolusi industri penerbangan. Dari pertama kali yang dikembangkan oleh Wright Bersaudara hingga sekarang telah menjadi tansportasi udara massal untuk berpergian keberbagai belahan dunia dengan sangat mudah dan cepat. 

Hingga saat ini telah banyak pesawat yang memiliki kecepatan melampaui kecepatan suara yang bahkan beberapa diantaranya telah melebihi Mach 2. Hal itu memebuktikan bahwa betapa sudah sangat jauh dunia penerbangan berevolusi hingga hari ini. 

Banyak Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini didesain untuk keperluan militer. Desain ini dimaksudkan untuk menyusup ke wilayah yang berbeda dengan sangat cepat yang bahkan diantaranya untuk menjatuhkan bom di wilayah musuh. 

Berikut 10 Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini yang kami lansir dari laman wonderlist untuik Anda.

10. Sukhoi Su-27

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Sukhoi Su-27 adalah salah satu Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini buatan Rusia yang sebanding dengan F-15 AS. Kecepatan tertingginya mencapai 2,35 Mach. Hal ini dilakukan untuk menjadi pesaing langsung dari F-14, Tomcat serta F-15 AS. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 lalu, lebih dari 850 unit telah dibuat.

Sukhoi Su-27 berfungsi untuk pertahanan udara jarak jauh. Hal ini juga telah digunakan sebagai pedamping untuk pesawat lainnya sebagai pembom. Selain sebagai Pesawat Tercepat Saat Ini, Ada juga perkembangan desainnya yang salah satunya adalah Pesawat Su -30 yang merupakan pesawat tempur dua kursi dengan segala kondisi cuaca. Sebuah versi yang sama juga dibangun oleh Cina dengan pesawat Shenyang J-11.  

9. General Dinamics F-111

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Dalam berbagai versi General Dinamics F-111 telah memainkan peran yang berbeda. Pesawat ini telah digunakan sebagai interdictor, seorang pembom tempur dan pembom strategis dalam situasi yang berbeda. Namun dengan kemampuannya yang mampu mencapai kecepatan Supersonics, General Dinamics F-111 membuatnya masuk dalam daftar kami sebagai Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini.

F-111 pertama kalinya memasuki Amerika Serikat pada tahun 1960-an Dengan 70-an unit, Angkatan Udara Australia juga membeli jenis pesawat ini. Selama bertahun-tahun F-111 dianggap sebagai pelopor untuk beberapa teknologi pesawat tempur termasuk mesin afterburning turbofan dengan ayunanya yang menyapu termasuk juga sebuah medan otomatis mengikuti radar yang datang selama penerbangan ditingkat yang rendah berkecepatan tinggi yang pada puncaknya mampu mencapai 2,5 Mach.

Sejak tahun 1990-an pesawat ini telah pensiun yang sejak bertugas setidaknya terdapat 563 unit yang dibuat untuk Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Udara Australia.

8. F-15 Eagle

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Pesawat Eagle Twin Mesin ini merupakan pesawat tempur segala cuaca yang dirancang oleh McDonell Douglas yang sekarang bernama Boeing. F-15 pertama kalinya melakukan penerbangan pada 27 Juli 1972. Sejak saat itu F-15 Eagle menjadi pesawat tempur favorit banyak negara dengan kemampuannya melakukan banyak manuver di udara terutama dalam pertempuran udara. F-15 Eagle juga dianggap sebagai Pesawat Tempur Paling Sukses yang pernah dibuat.

Karena popularitasnya, banyak negara telah menggunakan pesawat tempur ini seperti Israel, Arab Saudi, Jepang dan Amerika Serikat. Pesawat ini masih bisa bertahan hingga tahun 2025. Pesawat khusus ini dapat terbang 2,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

7. Mikoyan MiG-31

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Mikoyan MiG-31 adalah pesawat pencegat yang dikembangkan oleh Uni Soviet untuk menggantikan MiG-25. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Pesawat Mikoyan MiG-31 masih digunakan oleh Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara Kazakhstan. Kementerian Pertahanan Rusia diperkirakan akan terus menggunakan Pesawat Mikayon MiG-31 hingga tahun 2030.

Yang membuat Pesawat Mikoyan MiG-31 menjadi unik adalah pesawat ini mampu terbang dengan tingkat ketinggian dan rendah dengan kecepatan Supersonics terutama karena memiliki mesin twin yang sangat kuat. Pesawat yang produksi dari tahun 1975 - 1994 ini diperkirakan telah menghasilkan sekitar 500 unit. Pada ketinggian tinggi kecepatannya mampu mencapai 2,83 Mach sedangkan pada ketinggian rendah kecepatannya mampu mencapai hingga 1,23 Mach.

6. XB - 70 Valkyrie


Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Pesawat XB - 70 Valkyrie ini didukung oleh 6 mesin. Hal ini dapat mempercepat pesawat seberat 240.000 kilogram menjadi tiga kali kecepatan suara. Karena itu daerah sekitar pesawat terasa sangat panas. Beberapa bagian bahkan bisa mencapai 330 derajad celsius. 

Kecepatannya memiliki dua fungsi tertentu yang salah satunya dirancang untuk mencapai tiga kali kecepatan suara dan yang kedua dirancang untuk menghindari ledakan nuklir. Tidak seperti Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini lainnya dalam daftar kami, Pesawat XB - 70 Valkyrie hanya dua unit yang dibuat dan keduanya sudah pensiun.

Baca Juga : 10 Senjata Paling Berbahaya Di Dunia

5. Bel X-2 Starbuster

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

The Bel X-2 dijuluki sebagai Starbuster. Tidak seperti pesawat lainnya dalam daftar kami, ini adalah Pesawat Penelitian. Meskipun demikian layak untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini. Tujuannya adalah untuk menemukan efek terbang dii kisaran Mach 2-3.

Dikembangkan pada tahun 1945, dan untuk masa depan, hal ini membuat penggunaan mesin roket. Tujuannya adalah untuk penelitian masalah aerotermodinamika umum yang bisa terjadi selama penerbangan berkecepatan tinggi. Pesawat ini tidak dikembangkan dalam periode waktu yang singkat. Sebaliknya butuh beberapa waktu karena kebutuhan untuk bahan tahan suhu dan teknologi yang bisa memenuhi kebutugan pesawat khusus ini.

Hal ini dianggap bahwa X-2 adalah pelopor dalam beberapa tingkatan. Hal ini telah mendorong kemungkinan penerbangan selama bertahun-tahun dan untuk pertamakalinya Amerika Serikat menggunakan Mesin Roket untuk pesawat terbang.

Hanya ada dua jenis pesawat Bel X-2 yang dibangun dalam sejarah. Namun selama bertahun-tahun digunakan, Pesawat ini telah memberikan peneliti berbagai data yang diperlukan untuk mengembangkan pesawat lainnya yang bisa kita nikmati saat ini. Bahkan satu-satunya masalah yang mereka hadapi saat mendekati Mach 3 adalah stabilitas dan kontrol pesawat.

4. Mikoyan MiG-25


Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini

Mikoyan MiG-25 atau yang dikenal dengan Foxbat adalah salah satu Pesawat Militer Tercepat Di Dunia yang pernah dibuat. Pesawat ini adalah contoh dari pesawat dengan teknologi unggul Soviet. Ini adalah pesawat langka yang menggunakan desain Stainless Steel Prototipe pertama yang dibuat untk desain Pesawat Terbang pada tahun 1964. Setelah beberapa tahun, Kecepatan tertinggi operasional MiG-25 dapat mencapai kecepatan Mach 2,85.

Selain dianggap sebagai salah satu Pesawat Tercepat Di Dunia, Pesawat ini juga memiliki jumlah yang baik dari senjata dan radar kuat untuk anti rudal. Sayapnya juga menunjukkan memiliki manuver yang sangat luar biasa. Selama ini, pertama kali terlihat di foto-foto selam waktu Amerika Serikat mengembangkan pesawat untuk dapat digunakan pada Perang Vietnam.

3. Lockheed YF-12

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini


Lockheed YF-12 adalah pesawat pencegat yang dirancang oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Desain keseluruhan berdasarkan pada rahasia Lockheed A-12 pesawat pesawat pengintai. Yang membuat pesawat ini sangat luar biasa adalah kemampuanya untuk dapat terbang hingga 2.000 mil per jam. Hal ini hanya dapat dikalahkan oleh pesawat Lockheed SR-71.

Prototipe ini tidak pernah memproduksi secara massal. Hanya ada 3 model YF-12 yang pernah dibuat dengan biaya sekitar $ 15 - $ 18 juta. Namun kita tidak dapat menyangkal pentingnya pesawat ini di dunia militer. Hal ini membuka jalan untuik membuat pesawat yang lebuh baik seperti SR-71. Pesawat Lockheed SR-12 dapat mencapai 3,2 Mach diketinggian 74.000 kaki.

2. Lockheed SR-71 Black Bird

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini


Lockheed SR-71 Black Bird dianggap sebagai pesawat pengintai beroperasi dibawah Amerika Serikat. Pesawat ini merupakan pengembangan dari pesawat sebelumnya Lockheed YF-12 yang dibuat pada tahun 1960-an. Tujuannya adalah untuk memberikan ancaman selama misi. Hal lain tentang Lockheed SR-71 adalah di desain untuk mengurangi anti radar.

Pesawat ini hanya beroperasi pada bach kecil. Bahkan hanya 32 unit pesawat ini yang digunakan. Sayangnya 12 pesawat hilang karena kecelakaan yang bukan ditembak dalam pertempuran oleh musuh. Pesawat ini telah pensiun pada tahun 1966. Pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan 3+ Mach ini layak jika disebutkan sebagai Pesawat Tercepat di Dunia dalam daftar kami.

1. North American X-15

Pesawat Tercepat Di Dunia Saat Ini


North American X-15 adalah pesawat ruang angkasa yang memiliki kecepatan tertinggui hingga Mach 6,72 atau sekitar 4.530 mil per jam. Maka tidaklah mengherankan jika Morth American X-15 adalah Pesawat Tercepat Di Dunia Saat ini. Ini adalah pesawat berkecepatan tinggi dengan menggunakan tenaga roket eksperimental yang mulai diperkenalkan pada tahun 1959. 

Penerbangan dari Amerika Utara X - 15 dibuat melebihi ketinggian 80 kilometer sehingga mereka sudah diklarifikasi sebagai astronot.

X-15 menjalani exolusi misalnya melakukan penerbangan pertama pesawat dengan menggunakan dua mesin roket. Penerbangan selanjutnya menggunakan Mesin Roket XLR99 tunggal yang menggunakan bahan bakar ethyl alcohol dan nitrogen cair.

Nah itulah 10 Pesawat Tercepat Di Dunia Saat ini yang telah dikembangkan oleh beberapa negara di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang perkembangan dunia pesawat terbang di dunia.
 

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA SAAT INI"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.