10 JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Mahessa83 |  Jembatan merupakan struktur bangunan yang dibuat untuk menyeberangi jurang, sungai atau selat. Jembatan dibangun untuk menyeberangkan pejalan kaki, kendaraan, kereta api diatas halangan. Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flow).

Di dunia ini sudah banyak dibangun jembatan-jembatan sebagai sarana penghubung antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Diantara banyak jembatan yang dibangun, Ada beberapa jembatan yang telah terkenal keberadaannya karena bentuknya yang unik serta tinggi atau panjangnya yang fantastis atau usianya yang sudah sangat tua sehingga ada sebagian jembatan-jembatan ini menjadi Ikon Kota tempat jembatan tersebut berada.

Berikut 10 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang kami lansir dari berbagai sumber. 

1. Golden Bridge Gate

JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Golden Bridge Gate adalah sebuah Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang membentang sepanjang Golden Gate. Sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan Kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 meter. jarak antara menara 1.280 meter dengan tinggi 230 meter diatas permukaan air.

Jembatan ini adalah hasil dari Joseph Strauss, seorang teknisi yang bertanggung jawab atas 400 gambar jembatan. Meskipun jauh lebih kecil dari jembatan Golden Gate dan kebanyakan di dalam benua. Strauss telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk mengunpulkan dukungan dari California Utara. Usulan awal dari Strauss benar-benar tidak bagus. terdiri dari sebuah cantilever besar di setiap sisi yang dihubungkan dengan bagian suspensi terpusat. 

Orang penting lainnya dari proyek ini termasuk arsitek Irving Morrow, bertanggung jawab atas sentuhan Art Deco dan pilihan warna dan teknisi Charles Alton Ellis dan perancang jembatan Leon Moisseiff yang bekerjasama dalam matematiks kompleks yang terlibat.  

2. Tower Bridge

JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Tower Bridge adalah jembatan yang membentang diatas Sungai Thames di London, Inggris. Jembatan ini menggabungkan dua desain jembatan yaitu Jembatan Angkat dan Jembatan Gantung yang letaknya berdekatan dengan dengan London Tower sehingga jembatan ini dinamakan Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1894 dan merupakan salah satu Ikon Kota London. 

Tower Bridge adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates sebuah lembaga amal dari City of London Corporation. Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter diatas Sungai Thames. Dari jembatan ini para pengunjung dapat menikmati keindahan kota London.  

3. Sydney Harbour Bridge


JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Sydney Harbour Bridge adalah jalur utama untuk menyeberangi pelabuhan Sydney yang menghubungkan distrik pusat bisnis Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney). Diatasnya terdapat jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda dan trotoar. Bersamaan dengan Gedung Opera Sydney, Sydney Harbour Bridge adalah Ikon Kota Sydney sekaligus Australia. Warga setempat menamakan jembatan ini dengan sebutan "The Coathanger"  (Gantungan Pakaian) akibat dari desainnya yang melengkung pada bagian atas.

Jembatan ini merupakan Bangunan Tertinggi di kota Sydney hingga tahun 1967. Menurut Guiness World Records, Jembatan ini merupakan Jembatan Terlebar Di Dunia sekaligus jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri diatas 134 meter diatas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.  

4. Ponte Vecchio

JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Ponte Vecchio adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang melintasi Sungai Arno yang menghubungkan kota Lungarno dengan Oltrano. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 oleh Taddeo Gaddi dan menjadi Jembatan Paling Terkenal di kota Florence, Italia. Jembatan ini sebenarnya lebih darui sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan pertokoan.

5. Brooklyn Bridge


JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Brooklyn Bridge adalah salah satu jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat yang selesai dibangun pada tahun 1883. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Borough Manhattan dengan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East. Dengan rentangan utama sepanjang 1.825 meter jembatan ini merupakan Jembatan Suspensi Terpanjang Di Dunia sejak pembukaannya hingga tahun 1903 serta sebagai jembatan suspensi kabel baja pertama.

Jembatan ini pada awalnya diberi nama Jembatan New York dan Brooklyn. Kemudian jembatan ini diberi sebutan Jembatan Brooklyn dalam surat untuk editor Brooklyn Daily Eagle tanggal 25 Januari 1867 dan dinamakan demikian oleh pemerintah kota pada tahun 1915. 

Sejak pembukaannya jembatan ini telah menjadi bagian utama dari kaki langit New York. Jembatan Brooklyn ditetapkan sebagai National Hostoric Landmark pada tahun 1964 dan National Historic Civil Engineering Landmark pada tahun 1972.

Baca Juga : 7 Jam Tangan Termahal Di Dunia 

6. Millau Viaduck


JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Millau Viaduck adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi Lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Di desain oleh teknisi Jembatan Perancis Michel Virlogeux yang bekerjasama dengan arsitek Britania, Lord Foster.

Millau merupakan Jembatan Vihecular Tertinggi Di Dunia dengan tonggak puncak setinggi 341 meter atau sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 meter lebih pendek dari Gedung Empire State.

Millau dibuka secara resmi pada tanggal 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalulintas pada 16 Desember 2004.

7.Akashi Kaikyo Bridge


JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Akashi Kaikyo Bridge sepanjang 1.991 meter yang mulai digunakan pada tahun 1998 untuk menghubungkan kota Kobe di Pulau Honshu dengan kota Inawa di Pulau Awaji, Jepang. Jembatan ini merupakan jembatan keempat tertinggi di dunia dan menjadi Jembatan Gantung Terpanjang Di Dunia.

8. Rialto Bridge

JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA
Rialto Bridge adalah salah satu Jembatan Tertua Di Dunia yang membentang di kanal utama Venesia, Italia. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1591 menggantikan jembatan kayu yang ambruk pada tahun 1524. Jembatan tua Rialto adalah Ikon Kota Venesia dan salah satu atraksi utamanya selalu dipenuhi oleh banyak wisatawan.

9. Bosphorus Bridge


JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Bridge Bosporus atau Jembatan Martir 15 Juli atau Jembatan Pertama adalah sebuah Jembatan Gantung yang terletak di Istambul, Turki Jembatan sepanjang 1.510 meter ini membentang diatas Selat Bosporus yang selesai dibangun pada 30 Oktober 1973.

10. Suramadu Bridge

JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA

Suramadu Bridge adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang membentang melintasi Selat Madura yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, Indonesia. Jembatan sepanjang 5.438 meter merupakan Jembatan Terpanjang Di Indonesia saat ini. Jembatan ini terdiri atas tiga bagian yaitu Jalan Layang, Jembatan Penghubung dan Jembatan Utama.

Jembatan ini diresmikan pada awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2003dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Jembatan ini dibangun dengan tujuan mempercepat pembangunan di Pulau Madura yang meliputi bidang insfrastruktur, dan ekonomi di Madura yang relatif tertinggal dibandingkan dengan kawasan lainnya di Provinsi Jawa Timur. Jembatan Suramadu diperkirakan menghabiskan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah.

Nah itulah 10 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang kami lansir dari beberapa sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang keberadaan jembatan-jembatan terkenal dari seluruh dunia.

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 JEMBATAN PALING TERKENAL DI DUNIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.