8 KERUMUNAN MANUSIA TERBESAR DALAM SEJARAH

8 Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah 


Mahessa83 |  Di dunia ini sudah banyak terjadi peristiwa kerumunan manusia di seluruh dunia yang dihadiri hingga jutaan orang salah satunya adalah pada Festival Kumbh Mela Di India yang di hadiri 30 juta orang dalam sehari, Konser Musik Rod Steward di Pantai Capacabana pada malam tahun baru 1994 dan peristiwa-peristiwa lainnya yang banyak mendatangkan kerumunan manusia.

Peristiwa Kerumunan Manusia bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pada Acara Keagamaan, Protes, Mogok Kerja, Penobatan atau acara belangsungkawa.

Berikut 8 Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah dalam beberapa katagori yang kami lansir dari laman oddee.com.

1. Festival Keagamaan Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Festival Kumbh Mela yang dirayakan setiap 12 tahun sekali di dua sungai suci di pinggiran utara kota Allahabad di India. Festival ini menarik Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah dengan banyaknya ummat dan wisatawan yang hadir untuk mandi di sungai suci yang dipercaya dapat menghapus dosa-dosa mereka selama 2 bulan. Selama festival berlangsung diperkirakan 120 juta penziarah datang untuk berpartisipasi dengan kunjungan sebanyak 30 juta orang pada tanggal 10 Februari 2013.

Sementara itu Ibadah Haji yang diadakan oleh Ummat Muslim dari seluruh dunia di kota Mekkah, Arab Saudi pada tahun 2012, diperkirakan 3 juta orang berkumpul di kota Mekkah untuk melakukan ziarah dan Shalat di Masjidil Haram.

2. Parade Olahraga Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Diperkirakan 5 juta orang datang menghadiri Parade Kemenangan Chicago Cubs setelah club ini meraih kemenangan dalam World Series 2016. Sebuah prestasi yang sangat luar biasa mengingat kota ini hanya berpenduduk 2,7 juta jiwa.

The Cubs memenangkan kejuaraan World Series pertama mereka setelah 108 tahun berpartisipasi dengan mengalahkan Cleveland Indians. Para pemain tim berkuda berada di bus double decker menyelusuri jalan-jalan bersama-sama ratusan ribu penggemarnya sambil berteriak-teriak di sepanjang jalan berjarak 7 km di pusat kota di Grand Park dimana perayaan ini digelar.

3. Mogok Kerja Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Mogok Kerja di India ini mungkin menjadi Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah namun jumlahnya belum dibuktikan secara signitifkan sehingga rekor yang ditetapkan masih di pegang Kumbh Mela Festival.

Setidaknya 180 juta pekerja mogok di India pada bulan September 2016 lalu untuk memprotes Perdana Menteri Narendra Modi untuk berpartisipasi dalam kebijakan ekonomi sayap kanan lainnya. Karyawan Bank Pemerintah, Guru sekolah, Pegawai Pos, Penambang dan Pekerja Kontruksi berpartisipasi dalam acara Mogok Kerja ini. Namun angka pastinya belum dapat di klarifikasi seperti yang dilaporkan oleh Al-Jazeera.

4. Protes Anti Perang Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah selanjutnya terjadi pada akhir pekan 15-16 Februari 2003 lalu, Sekitar 10 juta orang berpartisipasi dalam protes terkoordinasi menentang perang di Irak di seluruh kota-kota di dunia. Namun Roma memiliki jumlah Protes Anti Perang Dalam Sejarah dengan menarik lebih dari 3 juta orang atau lebih dari jumlah penduduk kota itu sendiri. Selain itu setengah juta orang turun di jalanan Madrid dan 1 juta orang lainnya turun di jalan-jalan kota London. 

Sementara di Amerika Serikat demontrasi diadakan di lebih 200 kota termasuk 400.000 orang yang turun di jalanan New York.

Baca Juga : Sepuluh Wanita Pembunuh Paling Sadis Dalam Sejarah

5. Konser Musik Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Apakah Anda pernah berpikir berapa banyak orang menghadiri sebuah konser pertunjukkan? Woodstock, merupakan konser paling terkenal di dunia tetapi hanya dihadiri tidak lebih dari setengah juta orang. Glasstonbury juga tidak, Konser Rolling Stones? juga tidak.

OK, Kami akan memberitahu Anda sekarang, Sebuah konser gratis yang dipentaskan oleh Rod Steward di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil pada malam tahun baru 1994 menarik penonton hingga 4,2 juta orang dan berhasil masuk ke Guinness Book of World Records, Wow ..

6. Protes Online Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Meskipun ini bukan pertemuan dalam arti fisik, namun pesertanya hingga jutaan orang. Pada tahun 2012 lebih dari 115.000 website dan lebih dari 13 juta pengguna internet berpartisipasi dalam Protes Online Terbesar Dalam Sejarah terhadap dua tagihan. Pada masalah Stop Online Piracy Act (SOPA) di DPR dan IP Act Protect (PIPA) di senat. yang ditujukan untuk menghentikan pembajakan internet. Sedikitnya ada 10 juta tanda tangan petisi, 3 juta email yang dikirim, 100.000 panggilan telepon dan 3 juta pesan di Twitter  terhadap tagihan.

7. Perayaan Penobatan Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


Ratu Elizabeth II menyetujui tahta pada 6 Februari 1952 setelah kematian ayahnya Raja George VI. Ratu Elizabeth II berusia 25 tahun saat itu, ibu dari dua anak berusia dibawah empat tahun.

Westminster Abbey ditutup selama lima bulan sebelum penobatannya sehingga kontruksi yang diperlukan untuk 8.000 orang yang akan menghadiri penobatan itu dapat terselesaikan. Tapi semuaitu hanya untuk di dalam ruangan, sementara di luar ruangan 3 juta orang dan 20,4 juta orang di layar televisi menunggu penobatan Elizabeth II sebagai Ratu Inggris.  

8. Prosesi Pemakaman Terbesar Dalam Sejarah

Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah


C.N Annandurai, Perdana Menteri dari Tamil Nadu independen pertama dan dicintai oleh pemilihnya di India yang begitu banyak sehingga mendapat julukan "Anna" yang berarti "Kakak". Pada acara pemakamannya setidaknya lebih dari 15 juta orang melepas kepergiannya pada tahun 1969. Rekor ini masuk ke Guinness Book of World Record pada tahun 1984.

Kerumunana Manusia pada acara Pemakaman Gamal Abdul Nasser, Presiden Mesir Ke-2 yang meninggal akibat serangan jantung pada tahun 1970 diperkirakan 5 juta orang mengantar pemakamannya.

Nah itulah 8 Kerumunan Manusia Terbesar Dalam Sejarah yang setidaknya dapat menambah wawasan Anda tentang peristiwa-peristiwa masa lalu yang memang sangat spektakuler dalam hal kerumunan manusia terbanyak dalam sejarah.   
     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook