10 TANK TERBAIK SELAMA PERANG DUNIA II

10 Tank Terbaik Selama Perang Dunia II  


Mahessa83 | Meskipun Tank sudah muncul pada saat terjadinya Perang Dunia I, Namun Kendaraan perang ini baru bisa diandalkan pada saat terjadinya Perang Dunia II. 10 Tank Terbaik Selama Perang Dunia II ini memainkan peran penting bagi kekuatan sekutu. Tank-tank ini banyak diproduksi oleh kekuatan sekutu seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Italia serta Jerman dan Jepang sebelum dan selama berlangsungnya Perang Dunia II.

Berikut 10 Tank Terbaik Selama Perang Dunia II yang kami lansir dari laman wonderlist.com

10. M4 Sherman Tank, Amerika Serikat

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

M4 Sherman Tank adalah salah satu Tank terbanyak yang diproduksi selama berlangsungnya Perang Dunia II. M4 Sherman Tank memiliki rata-rata 75 mm meriam utamadengan 90 putaran dan memiliki baja yang relatif tipis yaitu (76 mm) dibandingkan dengan Tank lain pada saat bersamaan.

M4 Sherman Tank pertama kali diperkenalkan pada tahun 1941. Nama Sherman diambil dari sebuah perang sipil di Amerika Serikat, William T. Sherman. Sherman ikut dalam berbagai pertempuran dari tahun 1942 hingga tahun 1945. Tank jenis ini diproduksi hingga 50,000 unit selama Perang Dunia II.

9. Sherman Firefly, Inggris

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

Sherman Firefly buatan Inggris ini merupakan salah satu Tank Terbaik Selama Perang Dunia II. Tank ini dilengkapi 17 alu meriam antitank paling menghancurkan serta dilengakapi dengan 75 mm meriam utama. Dengan berat 17 pon cukup kuat untuk melumpuhkan setiap panzer lawan. 

Sherman Firefly juga merupakan salah satu tank paling mematikan yang pernah dibangun sehingga tank ini sangat di takuti oleh Nazi Jerman. Total jumlah produksi mencapai 2.000 unit sampai akhir tahun 1945 saat berakhirnya Perang Dunia II.

8. Panzer 4, Jerman

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

Panzer 4 merupakan salah satu Tank Terbaik dan terbanyak yang diproduksi oleh Jerman saat berlangsungnya Perang Dunia II Dan terus diproduksi hingga saat akhir berakhirnya Perang Dunia II Di Eropa. Panzer 4 dipersenjatai dengan meriam utama 75 mm yang bisa mengahancurkan sebuah Tank Soviet dari jarak 1.200 meter.

Meskipun pada awalnya dibuat untuk alat pendukung infanteri, akhirnya Panzer 4 mengambil peran dari Panzer 3 yang telah tua dan mengambil pertempuran utama. Tetapi pada akhirnya tank-tank ini terkepung oleh tank-tank Soviet sehingga sekitar 6.000 unit Panzer 4 dihancurkan oleh Soviet dari mulai Moskow hingga Berlin.

7. T-34, Uni Soviet

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

T-34 buatan Uni Soviet adalah tank legendaris yang diproduksi paling tinggi selama Perang Dunia II terjadi dan tertinggi kedua yang diproduksi sepanjang masa. Sekitar 84.000 unit Tank T-34 diproduksi oleh Uni Soviet dan merupakan salah satu Tank terbanyak yang pernah di produksi oleh Uni Soviet. Saat ini tank jenis ini masih digunakan dibeberapa negara Afrika dan juga Asia.

Popularitas dari tank ini berada pada bagian depan dilapisi lapisan baja setebal 45 mm yang dapat tahan terhadap serangan dari Panzer 4. Ia cepat bermanuver dan tangguh saat menyerang.

6. MK 4 Panther, Jerman

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

MK 4 Panther adalah sebuah tank Jerman menengah yang masuk ke medan perang pada tahun 1943 hingga berakhirnya Perang Dunia II. Sebanyak 6.344 tank di produksi dengan kecepatan 34mph dan laipsan baja setebal 20 mm. Dengan meriam utama 75 mm serta 79-82 HE putaran yang cukup kuat untuk melumpuhkan setiap Tank milik sekutu pada waktu itu. 

Secara teknis MK 4 Panther lebih unggul dari dari Tiger dan Panzer 4. Meskipun kalah banyak dengan T-34 Uni Soviet, Kendaraan lapis baja ini merupakan salah satu Tank Terbaik Selama Perang Dunia II.


5. Comet 1A - 34,Inggris

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

Comet 1A - 34 adalah salah satu Tank Terbaik Selama Perang Dunia II dari Inggris dan mungkin yang terbaik selama berlangsungnya Perang Dunia II. Tank ini memiliki 75 mm meriam utama bertenaga tinggi dengan 17 pengetuk senapan. Lapisan baja yang kuat setebal 101 mm tidak menyebabkan dampak yang signitifkan pada Perang Dunia II karena terlambat masuk dalam pertempuran. 

Tank ini mulai diproduksi pada tahun 1944 ketika Jerman sudah mundur dan didekati sekutu saat detik-detiki berakhirnya Perang Dunia II. Tetapi walaupun kiprahnya sangat pendek tetapi Tank Comet 1A - 34 terbukti menjadi mesin perang yang efisien dan dapat diandalkan.

4. Tiger I, Jerman

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

Tank Tiger I buatan Jerman diperkenalkan pada tahun 1942. Tiger I merupakan Tank terberat buatan Jerman dengan 88 mm sebagai meriam utama dengan 92 - 120 putaran yang dapat menyerang target di permukaan dan udara. Nama sebenarnya dari tank ini adalah Panzerkampwagen Tiger Ausf. E tetapi sekutu menyebutnya Tiger I.

Tank ini memiliki kecepatan tertinggi 38 km / jam dengan dilapisi lapisan baja setebal 25 sampai dengan 125 mm. Tank. Dengan junmlah sekitar 1.943 unit, Tiger 1 menjadi mesin pembunuh paling kejam pada saat Perang Dunia II.

Tiger I adalah Tank yang paling menakutkan yang menyebabkan sekutu menciptakan tank yang lebih baik lagi. Ini melambangkan kekuasaan belaka dari kekuatan mesin perang Nazi sampai pertengahan tahun 1944. Tidak ada mesin perang sekutu yang memiliki kekuatan untuk melawan kekuatan Tank Tiger I.

3. IS 2 Losif Stalin Tank, Rusia

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

IS 2 Losif Stalin Tank memiliki 122 mm meriam utama dan lapisan baja setebal 120 mm. Tank ini terbukti tidak dapat ditembus oleh 88 mm tank milik Jerman anti peluru di 1000 meter. Tank IS 2 Losif Stalin Tank diproduksi mulai tahun 1944 dengan jumlah sekitar 2.252 unit.

Selama pertempuran di Berlin, IS-2 Losif Stalin Tank dapat menghancurkan seluruh bangunan di Jerman oleh putaran berkecapatan tinggi yang ditembakan dari meriam utama. Ini adalah kekuatan menusuk balik tentara merah menuju Berlin.
 
2.  M26 Pershing Tank, Amerika Serikat

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

M26 Pershing Tank buatan Amerika Serikat ini di produksi di saat-saat akhir berakhirnya Perang Dunia II. Ia diperkenalkan pada tahun 1944 dengan jumlah total sekitar 2.212 unit. Pershing adalah model yang lebih canggih dibandingkan dengan Tank Sherman dengan profile yang lebih rendah dan trek yang lebih besar yang membuatnya lebih stabil.

Dengan meriam utama setebal 90 mm serta 70 putaran ini cukup untuk menghancurkan sebuah tank Tiger I. Dan memiliki kekuatan dan kekuatan apapun yang Jerman, Jepang miliki. Hanya 20 Tank terlihat pada Perang Dunia II di Eropa dan selebihnya di kirim ke Okinawa. Setelah Perang Dunia II berakhir, Pershing mengambil peran pada Pernag Korea dan terus melayani Angkatan Darat Amerika Serikat. 

1. Jagdpanther, Jerman

Tank Terbaik Selama Perang Dunia II

Jagdpanther buatan Jerman adalah salah satu Tank Terbaik Selama Perang Dunia II. Tank ini juga merupakan salah satu yang paling kuat "tank destroyer" dalam Perang Dunia II. Tank berchasis panther memasuki pertempuran pada tahun 1943 hingga berakhirnya Perang Dunia II tahun 1945. Tank ini dipersenjatai dengan 88 mm meriam utama dengan 57 putaran serta memiliki lapisan baja setebal 100 mm untuk melindungi awak. Senjata utama mampu menembak hingga 3000 meter dengan baik dengan kecepatan hingga 1000 m/s.

Selama Perang Dunia II, hanya 425 tank yang diproduksi. Jagdpanthers terlihat pertama kalinya beraksi pada 30 Juli 1944 di dekat St. Martin De Bois, Perancis. Menghancurkan 11 tank di Churchill dalam waktu 2 menit. 

Keunggulan teknis dan kekuatan yang canggih tidak banyak berdampak pada perang karena terlambat masuk ke medan perang.

Nah itulah 10 Tank Terbaik Selama Perang Dunia II. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang sisi-sisi lain sebagai saran pendukung satt terjadinya pertempuran di  Perang Dunia II.    

        
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook