PENYEBAB, GEJALA DAN PENGOBATAN KANKER OTAK

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Kanker Otak


kanker otak

Mahessa83 | Kanker Otak diartikan sebagai kanker yang dimulai di otak. Sementara kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain dan kemudian bergerak ke otak di sebut Tumor Otak Metastatik.

Kanker Otak dapat mengubah prilaku seseorang dan juga sangat mematikan. Tetapi untuknya tidak banyak orang yang menderita penyakit ini. Menurut American Cancer Society, Peluang tumor ganas ini berkembang di otak atau sumsum tulang belakang sangat kecil aatu sekitar 1% atau berarti 1:140 laki-laki atau 1:180 terkena penyakit ini. 

Penyebab Kanker Otak

Kanker Otak disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal pada jaringan otak astrocytomas anaplastik dan glioblastomas membuat sekitar sepertiga dari tumor otak pada orang dewasa dan astrocytomas adalah jenis yang paling umum dari tumor otak pada anak-anak. 

Menurut National Cancer Institute, astrocytomas anaplastik, asrocytomas dan glioblastomas berkembang dari sel-sel otak yang disebut astrosit, yang melindungi dan mengelilingi sel-sel saraf lainnya. Jenis-jenis Kanker Otak dibedakan oleh sebuah kadar tentang bagaimana normal atau abnormal sel-sel terlihat dan setiap jenis kanker otak ini nilai tingkat I hingga IV.   

Gejala Kanker Otak

Karena otak adalah bagian kontrol dalam tubuh, Kanker yang terletak pada bagian ini dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Gejala yang paling umum dar Tumor Otak adalah sakit kepala, kejang, lemah, mati rasa dan perubahan pada perilaku. 

Menurut Dr. Andre A. Sloan, Direktur Tumor Otak dan Neuro-Ongkologi Center dan Profesor serta wakil ketua di bagian bedah saraf di University Hospital-Seidman Cancer Cnter di Cleveland, Ohio menerbitkan daftar gejala penyakit kanker otak seperti sebagai berikut,
  • Kesulitan berbicara
  • Bermasalah pada pendengaran
  • Perubahan dengan pola sakit kepala
  • Mual-mual atau muntah
  • Bermasalah pada penglihatan seperti penglihatan agak kabur dan penglihatan ganda.
  • Secara bertahap kehilangan perasaan atau mati rasa atau gerakan dilengan atau kaki.
  • Kesulitan dalam keseimbangan tubuh
  • Selalu kebingungan dikehidupan sehari-hari.
"Sakit kepala sering dikaitkan dengan penyakit Kanker Otak, Tetapi beberapa orang dapat terkena Kanker Otak tanpa melalui sakit kepala terlebih dahulu, walaupun itu jarang terjadi, kata Sloan. Meskipun sakit kepala adalah tanda bahwa tumor telah menempatkan penekanan pada otak normal dan meningkatkan tekanan intrakranial," kata ahli bedah saraf Dr. Charles Park, Directur of the Minimally Invasive Brain and Spine Center at Mercy Medical di Baltimore, Maryland, USA. "Jadi sebagian besar sakit kepala sebagian hadir, jika ukran tumor cukup besar dan tergantumg juga dengan letak tumor," Tergantung dari daerah otak yang terkena, gejala cukup bervariasi dari tubuh yang lemah, mati rasa, kejang, ingatan berkurang, kesulitan berbicara dan lain-lain.

Ada beberapa gejala yang banyak orang mungkin tidak mengaitkan dengan tumor di otak. "Tumor di daerah parietal kanan otak (diatas dan dibelakang telinga kanan) dapat menyebabkan apa yang dikenal dengan "balutan apraxia" kata Dr. Michael Schulder, spesialis bedah saraf dan direktur Tumor Otak Center di Northwell Neurososcience Institute di Manhasset, New York. "Orang-orang yang memiliki penyakit Tumor Otak dapat berjalan, berbicara dan melakukan segalanya dengan normal, tetapi tidak benar-benar dapat mengenali sesuatu dan mengenakan pakaian dengan benar. Contohnya jika seseorang mengenakan celannya di kepalanya,"

Diagnosa Kanker Otak

"Jika seseorang dicurigai terkena penyakit Kanker Otak, pasien biasanya dirujuk ke dokter spesialis untuk diperiksa pendengarannya, penglihatan, keseimbangan, kekuatan dan refleksi untuk mencari kelainan yang mungkin mengarah ke Kanker Otak. Spesialis juga dapat memeriksa melalui Magnetic Resonace Imaging (MRI), Computerized Tomografi (CT) atau Tomografi Emisi Position (PET) Scan untuk menemukan tumor yang mungkin ada di dalam otak," menurut Mayo Clinic.

Jika tumor ditemukan, Biopsi biasanya dapat dilakukan. Biopsi adalah pengumpulan dan pengujian dari jaringan yang bersangkutan. Biopsi digunakan untuk menentukan apakah Tumor tersebut adalah Kanke Ganas atau Kanker Jinak.

Pengobatan Kanker Otak

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit Kanker Otak. Pengobatan juga tergantung pada dimana tumor tersebut berada. Ada banyak pilihan untuk pengobatan Kanker Otak seperti melalui operasi, kemoterapi, terapi radiasi, radiosurgery dan obat-obatan. Menurut Mayo Clinic, tingkat kelangsungan hidup dari mereka yang didiagnosis dengan Kanker Otak bervaiasi, tergantung pada jenis kanker, perkembangan dan beberapa faktor lainnya.

Meskipun banyak film dan acara televisi yang menayangkan bahwa Kanker Otak tidak bisa di operasi, itu adalah tidak benar.  Schulder menjelaskan bahwa hampir tanpa terkecuali, adalah mungkin setidaknya dengan melakukan biopsi pada seseorang yang menderita Kanker Otak. 

Di masa depan, teknik pencitraan seperti MRI dapat mengambil tempat dari biopsi, walaupun masih sangat jauh," kata Schulder, "Namun dengan menggunakan teknik modern mikro, pencitraan canggih, pemantauan infraoperatif, pencitraan infraoperatif, kebanyakan tumor bisa diangkat melalui operasi.

"Di operasi bisa didefinisikan secara berbeda oleh para ahli bedah yang berbeda," kata Sloan. "Dengan memperkirakan bahwa jumlah rata-rata ahli bedah saraf di AS melakukan operasi ini pada dua atau tiga pasien per tiga tahun. Sementara pusat spesialis tumor otak besar di UH-Seidman Cancer Center dapat beroperasi pada 60-100 pasien penyakit tumor otak dalam setahun," Dan sering orang-orang tertentu akan subspesialiaze dalam berbagai jenis. Jadi untuk tumor otak yang benar-benar rumit akan segera di operasi, oleh seorang ahli bedah saraf serta di praktek umum yang biasanya yang biasanya dilakuakn oleh ahli bedah yang melakukan berbagai jenis operasi. Hanya tumor langka yang benar-benar ditangani oleh ahli bedah tumor spesialis dengan alat-alat khusus seperti infra-operative MRI, sterotaxis, pencitraan neon tumor yaitu (5-ALA) Laser Interstitial Temoterapi (LITT) dan lain-lain.

Misalnya Tumor Ganas yang mendalam dari corpus callosum, atau juga yang disebut "kupu-kupu glioma" yang biasanya dianggap bisa dioperasi, tetapi dapat dilakukan dngan seorang ahli bedah engan menggunakan LITT, Mereka dapat diobati melalui jalan operasi.

"Satu lagi tumor otak yang dapat diobati dengan jalan operasi adalah jika tumor tersebut terletak dibagian "fasih" atau tidak sangat penting dari fungsi-fungsi otak yang vital," jelas Park. 

Secara keseluruhan, anatomi tumor dan patologi, kondisi medis pasien, prognosis, harapan dan kualitas hidup dapat dilakukan sebelum operasi.
  

sumber:LiveScience
 

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "PENYEBAB, GEJALA DAN PENGOBATAN KANKER OTAK"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.