PENAMBANG MYAMAR TEMUKAN BATU GIOK SEBERAT 175 TON

Penambang Myamar Temukan Batu Giok Seberat 175 Ton


Selanjutnya Batu Giok Terbesar Di Dunia tersebut akan dibawa ke Cina dimana ia akan di ukir menjadi perhiasan dan patung.

Batu Giok Terbesar Di Dunia

Mahessa83 |  Myamar merupakan salah satu penghasil Batu Giok Terbesar Di Dunia. Namun karena perdagangan batu ini dibatasi sanksi-sanksi internasional, banyak dari batu-batu giok yang ditemukan di selundupkan ke luar Myamar.

Sebuah Batu Giok Raksasa telah berhasil digali di Burma, Negara di Asia Tenggara yang dikenal juga dengan sebutan Myamar. Penemuan ini terjadi disebuah daerah terpencil  di negara bagian Kachiri, utara Myamar. Batu Giok Raksasa dengan panjang 5,8 meter seberat 175 ton tersebut diyakini seharga $ 170 juta. 

Selanjutnya Batu Giok Terbesar Di Dunia tersebut akan dibawa ke Cina dimana ia akan di ukir menjadi perhiasan dan patung.

Istilah Giok merujuk pada dua buah jenis batuan Metamorf Jadeite dan Nephrite. Temuan ini diyakini dari jenis Nephrite. Dua jenis ini sangat mirip dalam penampilan luarnya dan keduanya digunakan untuk tujuan perhiasan. Meskipun mereka memiliki komposisi fisik dan kimia yang berbeda,  Namun jenis Jadeite lebih berharga daripada jenis Nephrite. Keduanya sangat sulit untuk dibedakan secara kasat mata.

Sekitar 70 persen dari jenis Jadeite berkualitas tinggiSetengah produk batu giok di dunia merupakan berasal dari Myamar. Namun sayangnya perdagangan multi miliar dolar terselubung ini  memberikan korupsi di pemerintah Myamar, kejahatan dan kerusakan lingkungan. 


sumber:iflscience 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook