MENELUSURI DINDING ROMAWI KUNO HISARYA

Menelusuri Dinding Romawi Kuno Hisarya 


Saat ini kota Hisarya menjadi tempat wisata terpopuler di Bulgaria dan juga sebagai Kota Spa terkenal di Dunia.

Dinding Romawi Kuno Hisarya

Mahessa83 | Dinding Romawi Kuno Hisarya ini terletak di pegunungan Sredna Gora, sekitar 40 kilometer sebelah utara dari kota Plovdiv, Bulgaria Tengah. Kota Kuno Hisarya terkenal karena memiliki dua sumber mata air mineral dan telah menarik orang sejak zaman prasejarah dengan adanya jejak pemukiman Bangsa Romawi Kuno pada abad ke-4 SM. 

Mata Air Hisarya dan iklim yang menyenangkan telah membawa bangsa Romawi Kuno ketempat ini sejak tahun 46 AD dengan menggulingkan Thracia dan Hisarya menjadi kota bagian dari Romawi.

Sebenarnya tidak banyak peristiwa yang terjadi di kota ini untuk 250 tahun kedepan, hingga Kaisar Diocletian memutuskan untuk mempromosikan kota Hisarya menjadi salah satu Kota Romawi dengan berganti nama menjadi Diocletianopolis. Sekaligus menata kota menyesuaikan diri memiliki peran yang lebih tinggi. Bangunan dan rumah mulai dibangun, jalan-jalan diperbaiki serta membangun Dinding Benteng Besar yang sangat mencolok di sekitar kota. 

Dinding Romawi Kuno Hisarya adalah sebuah dinding kuno sepanjang 2,3 kilometer yang mewakili keberadaan kota tua Romawi Kuno. Dinding ini merupakan salah satu dinding kastil terbaik yang berasal dari Periode Zaman Akhir Prasejarah di Balkan dan Eropa.    

Dinding setinggi 11 meter dan disebelah selatan mencapai hingga 13 meter merupakan pintu masuk ke kota yang dijaga oleh empat gerbang yang sangat mengesankan. Pada Gerbang Selatan mendapat julukan "Gerbang Unta" karena terdapat lengkungan gerbang yang pecah ditengah yang menyerupai dua unta yang saling memandang sebelum sebagian diperbaiki pada abad ke-20 lalu.

Di tempat ini ada banyak bangunan reruntuhan Romawi Kuno anfiteater kecil, Barak Tentara Romawi dan beberapa gereja tertua di Bulgaria serta Benteng Romawi yang masih terawat.

Dibawah kekuasaan Romawi Kuno, Hisarya tumbuh dan berkembang pada abad ke-4 dan menjadi pusat penting bagi agama Kristen. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga pada saat itu setelah kota Plovdiv dan kota Stara Zagora.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, kota yang makmur ini menurun secara drastis dan berubah menjadi sebuah desa kecil dengan beberapa rumah saja. 

Kota ini menjadi makmur kembali setelah pembebasan Bulgaria pada tahun 1878 dari Turki dan juga ditemukannya mata air mineral yang saat ini menjadi tempat wisata terpopuler di Bulgaria dan juga sebagai Kota Spa terkenal di Dunia.


sumber:Amusing Planet

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook