MISTERI PERADABAN LEMBAH INDUS YANG KINI TERLUPAKAN

Misteri Peradaban Lembah Indus Yang Kini Terlupakan  


Mohenjo-Daro

Mahessa83 - Lembah Indus adalah daerah yang membentang lebih dari 1 juta mil persegi di dataran Sungai Indus dari Laut Arab hingga ke Sungai Gangga yang sekarang meliputi wilayah Pakistan, Laut India dan Afganistan timur. Tetapi sekarang mungkin ada sesuatu yang misterius dari Peradaban Lembah Indus yang berkembang antara 2600-1900 SM, bahwa kelompok kuno ini mampu memenuhi impian mereka tanpa komplik dari penguasa. Para peneliti tidak pernah menemukan tanda-tanda adanya senjata, perang atau ketimpangan lainnya.

Situs arkeologi Mohenjo-Daro

Menurut Andrew Robinson dalam bukunya "The Indus Lost Civilsations" , Semua tanda menunjukkan bahwa masyarakatnya hidup sangat maju dan sejahtera. 

Pada zamannya, Peradaban Lembah Indus telah mengisi 10% populasi dunia, hidup disebelah sungai karena mata pencarian mereka adalah dengan bercocok tanam. Namun pemukiman mereka berada jauh dari sungai-sungai yang mengalir yaitu berada di gurun-gurun yang sangat luas.

Sejauh ini para peneliti telah berhasil menemukan lebih dari 1000 pemukiman orang-orang dari Lembah Indus yang meliputi wilayah Pakistan dan India. Sementara beberapa potongan perhiasan dan sisa-sisa berbagai bangunan telah ditemukan tanpa satupun terdapat baju tentara atau senjata bekas militer.

Peradaban Lembah Indus memiliki ketrampilan yang cukup baik dengan berbagai perencanaan bangunan kota. Bangunan di kota-kota seperti Harappa dan Mohenjo-Daro disusun dengan sangat apik, setiap rumah penduduk dilengkapi dengan sumur dan limbah disalurkan kealiran yang tertutup. Dan ini mungkin sistem pembuangan limbah pertama di dunia. Beberapa rumah memiliki dua lantai dengan adanya tempat mandi dan halaman.

Kebutuhan kota juga terpenuhi dengan adanya pasar, dermaga, lumbung, gudan dan benteng kota untuk melindungi diri dari bahaya banjir dan serangan musuh.

Menariknya, Peradaban Lembah Indus tidak seperti pada Peradaban Mesir Kuno, disini tidak pernah ditemukan adanya candi atau bangunan lain seperti piramida. Diperkirakan sebagian orang yang hidup pada Peradaban Lembah Indus adalah kaum pendagang atau pengrajin seperti membuat tembikar dan manik-manik dari logam.

Penyebab Peradaban Lembah Indus Menghilang

Naskah Kuno Lembah Indus

Sampai saat ini belum ada yang tahu pasti kenapa Peradaban Lembah Indus yang besar bisa menghilang. Salah satu teori yang muncul pada tahun 2012 lalu mengatakan bahwa perubahan iklim lah yang menyebabkan Peradaban Lembah Indus menghilang lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

Untuk mengetahui Misteri Peradaban Lembah Indus, Lebih dari lima tahun tim gabungan internasional melakukan foto satelit dan data tofografi untuk membuat peta digital dari wilayah Lembah Indus. Mereka kemudian memeriksa di lapangan dengan melakukan pengeboran, penggalian hingga menggali parit-parit mengumpulan sampel-sampel untuk di uji.

Dorian Fuller, seorang arkeolog dari University College London mengatakan, "Setelah Kami memiliki informasi baru, Kami bisa memeriksa kembali informasi baru tentang sejarah geologi tentang pemukiman Peradaban Lembah Indus,"

Robinson menunjukkan bahwa para arkeologi hanya dapat menemukan satu penggambaran tentang manusia yang berjuang, dan itu adalah adegan dari mitos yang menunjukan seorang dewi dengan tanduk kambing bertubuh harimau.

Juga tidak ada bukti hewan  kuda, sebagai penanda untuk menyerang kota-kota dan kota-kota lainnya. 

Dalam 100 tahun penelitian Peradaban Lembah Indus tidak pernah ditemukan adanya istana kerajaan tetapi hanya beberapa candi yang dapat ditemukan.

Sejauh ini satu-satunya patung yang mungkin menggambarkan seorang penguasa adalah seorang pria berjanggut yang dijuluki imam atau raja karena kemiripannya dengan Biksu atau Pendeta Hindu.

Banyak dari struktur bangunan yang ditemukan seperti Mohenjo-Daro, sebuah situs arkeologi di Provinsi Sindh, Pakistan yang membutuhkan banyak pekerja untuk membangunnya tetapi tidak juga ditemukan adanya seorang pemimpin.

Papan permainan Lembah Indus

Indus adalah sebuah peradaban yang sangat fantastis, Peradaban misterius yang berakhir pada 1900 SM.

Saat ini hanya Naskah Kuno Lembah Indus yang dapat mengungkapnya. Dan sekarang para ahli arkeologi, ahli bahasa dan ahli ilmu pengetahuan bersatu untuk mengungkap beberapa Naskah Kuno Lembah Indus untuk mengetahui rahasia di dalamnya.


sumber:dailymail


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook