BIODATA MICHAEL PHELPS, PENGUMPUL MEDALI OLIMPIADE TERBANYAK SEPANJANG MASA

Biodata Michael Phelps, Pengumpul Medali Olimpiade Terbanyak Sepanjang Masa  


Michael Phelps

Rahessa83 -Michael Fred Phelps, Pria kelahiran Baltimore, Maryland, Amerikas Serikat 30 Juni 1985 adalah seorang perenang olimpiade Amerika Serikat yang berhasil mengumpulkan Medali Olimpiade Terbanyak Sepanjang Masa dan Pemecah Rekor Dunia Renang.

Michael Phelps pertamakali berpartisipasi di Olimpiade Sydney tahun 2000 pada usia 15 tahun sebagi perenang termuda di ajang olimpiade sejak tahun 1968 namun tidak berhasil membawa pulang medali untuk Amerika Serikat. Prestasi terbaik dalam ajang ini adalah peringkat ke-5 pada nomor 200 m gaya kupu-kupu.

Prestasinya mulai terlihat ketika Ia memecahkan rekor dunia pada nomor 200m gaya kupu-kupu pada usia 15 tahun 9 bulan di Kejuaraan Dunia Renang Fukuoka, Jepang. Sementara pada Kejuaraan Renang Nasional Amerika Serikat di Fort Louderdale, Florida tahun 2002, Phelps memecahkan rekor dunia pada nomor 400m gaya individual serta memecahkan rekor nasional AS pada nomor 100 m gaya kupu-kupu dan nomor 200 m gaya individual. 

Pada tagun 2003, Phelps memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di nomor 400 meter gaya individual dan pada bulan Juli juga memecahkan rekor dunia nomor 200 m gaya individual. Lalu pada 7 Juli 2004, Michael Phelps memecahkan rekor dunia lagi atas namanya sendiri di nomor 400 m gaya individual serta menjadi andalan Amerika Serikat di Olimpiade 2004, Athena, Yunani.

Dalam Olimpiade Athena 2004, Michael Phelps berhasil memboyong 6 Medali Emas dan 2 Medali Perunggu. Sementara pada Olimpiade Beijing 2008, Phelps berambisi memecahkan rekor Matz Spitz yang meraih 7 Medali Emas dalam satu kejuaraan Olimpiade. Dan ambisi tersebut menjadi kenyataan tatkala Michael Phelps berhasil merebut Delapan Medali Emas denga Lima diantaranya adalah pada nomor individu serta Lima diantaranya adalah rekor dunia baru.

Michael Phelps

Pada tanggal 2 Agustus 2012, Michael Phelps memenangkan Medali Emas Olimpiade ke-16 nya ketika ia berhasil mengalahkan Ryan Lochte pada nomor 200 m gaya ganti perorangan putra. Dengan demikian Phelps menjadi orang pertama yang sukses menjuarai nomor yang sama di tiga ajang olimpiade secara berturut-turut. Kemenangan ini juga menandai gelar olimpiade kelima Phelps dalam gaya ganti individual, Memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Tamas Darnyl (Hungaria) dan Yana Klochkova (Ukraina). Sehingga pada Olimpiade London 2012, Michael Phelps berhasil menyumbang Empat Medali Emas dan Dua Medali Perak. Sehingga secara keseluruhan, Michael Phelps berhasil mengumpulkan Medali Olimpiade Terbanyak Sepanjang Masa dengan torehan 22 Medali Olimpiade.

Sementara itu di Olimpiade Rio 2016, Michael Phelps untuk sementara telah berhasil memperoleh tambahan 2 Medali Emas Untuk Amerika Serikat di nomor 200 m gaya kupu-kupu dan Estafet 4 x 100 gaya bebas putra serta Medali Emas ke-21 pada nomor 4 x 200 m gaya bebas putra sehingga sepanjang keikutsertaannya dalam Olimpiade Musim Panas, Michael Phelps, berhasil mengumpulan 21 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu. Dengan Michael Phelps berhasil mengumpulkan 25 Medali Olimpiade dalam 5 kali keikutsertaannya di ajang Olimpiade Musim Panas ini.

Dengan 25 Medali Olimpiade, Michael Phelps, Menjadi orang pertama yang berhasil Mengumpulkan Medali Olimpiade Terbanyak Sepanjang Masa hingga saat ini yang mungkin sulit untuk dipecahkan oleh atlet-atlet lainnya dalam waktu dekat.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook