ARTEFAK EMAS TERTUA DI DUNIA DITEMUKAN DI BULGARIA

Artefak Emas Tertua Di Dunia Ditemukan Di Bulgaria  


Emas Tertua Di Dunia

Mahessa83 -Para Arkeolog di Bulgaria mengatakan bahwa mereka telah menemukan Artefak Emas Tertua Di Dunia berupa manik kecil yang mereka yakini telah berusia 6.500 tahun. Manik-manik kecil ini digali pada sebuah rumah kecil di pemukiman prasejarah yang dikenal dengan Yunatsite diluar kota modern Pazardzhik. Manik-manik kecil dari emas ini hanya berdiameter empat milimeter dengan berat hanya sekitar 15 centigram (0,005 oms).

Menurut Yavor Boyadzhiev, seorang profesor dari Bulgaria Academy of Science, Situs ini adalah tempat pertama orang Eropa membuat pemukiman di Eropa pada sekitar 6.000 SM dari Anatolia, Turki.

"Manik dari emas tersebut ditemukan ditemukan di lantai bangunan ditempat yang berlapis aman," kata Boyadzhiev.

"Posisinya bersamaan dengan tembikar yang ditemukan di dalam rumah yang cukup memberikan bukti tentang usia emas tersebut yaitu sekitar 4.500-4.650 SM," tambahnya.

Artefak emas kecil yang ditemukan ini berusia 200 tahun lebih tua dari yang pernah ditemukan sebelumnya di perkuburan dari Zaman Tembaga di Bulgaria didekat laut hitam Varna yang digali antara tahun 1972 hingga tahun 1991. Di tempat ditemukan Emas Tertua Di Dunia ummat manusia.

"Emas yang ditemukan di Varna yang berasal dari Zaman Tembaga sekitar 4.200 - 4.400 SM berusia lebih muda daripada Artefak Emas yang ditemukan di Yunatsite," kata Boyadziev.

"Temuan ini membuktikan bahwa pengelolahan emas dimulai dari awal di daerah yang jauh lebih besar," tambahnya.   

Boyadzhiev mencatat bahwa manik-manik adalah salah satu dari banyak artefak yang membuktikan adanya peradaban yang berkembang dengan baik di Bulgaria selama millenium SM kelima.

Selain ditemukannya Emas Tertua Di Dunia, Tim ini juga telah menemukan 150 keramik burung yang menunjukkan bahwa banyak hewan di puja di Tell Yunatsite. Pemukiman ini dihancurkan oleh suku lainnya sekitar tahun 4.100 SM.


sumber:LiveScience

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook