MOSAIK BAHTERA NUH DITEMUKAN DI RUMAH IBADAT KUNO DI ISRAEL

Mosaik Bahtera  Nuh Ditemukan Di Rumah Ibadat Kuno Di Israel


Penggalian di situs ini juga menemukan koin yang berasal dari 2.300 tahun yang lalu.

Terbelahnya Laut Merah

Mahessa83 - Mosaik yang menggambarkan sebuah adegan alkitab ditemukan disebuah Rumah Ibadat Kuno di Israel Lower Galilee selama penggalian pada bulan Juni. Para arekolog menemukan 2 panel baru dari lantai mosaik dari masa Akhir Romawi (abad kelima) sinagoga di sebuah desa yahudi kuno Huqoq. Satu panel menunjukkan Mosaik Bahtera Nuh dengan beberapa hewan seperti singa, macan tutul dan beruang. Sementara panel lainnya menunjukkan tentara sedang ditelan ikan besar yang dikelilingi oleh kereta terbalik di terbelahnya laut merah.

Gambar tersebut sangat langka terjadi pada periode tersebut, menurut direktur penggalian Jodi Magness dari University of North Carolina di Chapel Hill yang ekspedisinya ini dibiayai oleh National Geographic Society.

"Saya tahu dari 2 adegan ini dari terbelahnya laut merah di Rumah Ibadat Kuno," kata Magness kepada National Geographic.

"Salah satunya adalah Lukisan Dinding di Dura Europos (Suriah) yang merupakan adegan lengkap namun berbeda dari yang ditemukan di sini yang tidak ada ikan melahap tentara mesir," kata Magness. 'Yang lainnya adalah di Wadi Hamam (Israel) tapi itu hanya sebuah penggalan dan sangat buruk untuk dipertahankan".

Adegan Bahtera Nuh ini sangat jarang terjadi, Magness mengatakan hanya dua mosaik yang menggambarkan tentang itu.

Mosaik Bahtera Nuh

Bersama tim dari para sarjana universitas dan mahasiswa serta Otoritas Israel Antiqquities, Magness telah melakukan penelitian dan penggalian di Huqoq sejak tahun 2012 lalu. Sebelumnya Magness juga telah menemukan mosaik yang digambarkan dalam Alkitab seperti Samson dan Rubah serta Samson membawa Gerbang Gaza di pundaknya.

Penggalian di Huqoq dapat mengungkapkan Mosaik Nonbliblical pertama ditemukan di sebuah Rumah Ibadat Kuno. Mosaik bertingkat tiga menunjukkan pertemuan antara dua tokoh laki-laki penting yang dianggap pertemuan legendaris antara Alexander Agung dengan Imam Besar Yahudi.

Penemuan-penemuan sebelumnya di sebelah timur dari rumah ibadat kuno ini menunjukkan ketidak yakinan para peneliti untuk melanjutkan penggalian ke bagian tengah, daerah pusat dari Rumah Ibadat Kuno namun penggalian terus dilanjutkan hingga akhirnya ditemukan Laut Merah dan Mosaik Bahtera Nuh.

"Panel ini persis seperti yang seharusnya," kata Magness. "Dari Mosaik Bahtera Nuh yang menghadap arah utara sehingga orang bisa melihatnya mereka masuk dari arah selatan, dimana pintu utama berada" ujar Magness lebih lanjut.

Penggalian di situs ini juga menemukan koin yang berasal dari 2.300 tahun yang lalu.

"Koin-koin kuno ini sangat penting untuk pengetahuan kita dari jamaah monomental dan desa terkait,". Para peneliti akan melanjutkan penggalian di situs ini pada musim panas tahun 2017 mendatang.


Sumber: LiveScience        
 

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook