FAKTA MENARIK TENTANG PENYU

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Fakta Menarik Tentang Penyu  


Penyu

Mahessa83 -Penyu atau juga disebut sebagai Kura-Kura Laut terlihat seperti kura-kura biasa tetapi memiliki sirip bukannya kaki. Mereka telah ada di bumi lebih dari 100 juta tahun yang lalu. Menurut World Wildlife Federation (WWF) Mereka adalah salah satu keluarga hewan tertua yang ada di bumi.  

Setidaknya ada 7 spesies Penyu yang hidup di bumi yang dibedakan dengan bentuk dan ukurannya. Penyu terbesar adalah spesies Penyu Belimbing yang dapat tumbuh hingga 2 meter dengan berat bisa mencapai 900 kilogram. Menurut National Geographic, Penyu Belimbing terbesar yang pernah ditemukan adalah sepanjang 2,6 meter dengan berat 916 kilogram. Sementara Penyu Terkecil adalah dari spesies Kemp Ridley yang hanya memiliki panjang sekitar 65 centimeter dengan berat sekitar 45 kilogram.

Habitat Penyu

Penyu hidup di seluruh dunia. Penyu Lekang banyak hidup di Teluk Meksiko tetapi juga dapat di utara Novia Scotia. Sementara Penyu Pipih hidup disekitar perairan laut Australia dan Penyu Belimbing hampir hidup di seluruh perairan di bumi. Sedangkan Penyu Hijau dan Penyu Tempayan lebih banyak hidup di perairan beriklim tropis dan sub tropis.

Makanan Penyu

Penyu adalah hewan karnivora yang artinya mereka memakan daging. Meskipun makanan mereka bervariasi teragntung dari masing-masing spesiesnya. Mereka mengkonsumsi udang, rumput laut, kepiting, ubur-ubur, siput, bunga karang, alga dan juga moluska.

Tidak ada yang mengetahui kebiasaan dari hidup penyu. Kebanyak Penyu menghabiskan hidupnya sendiri sampai mereka kawin. Beberapa spesies biasa beristirahat dan mencari makan dengan beberapa temannya.

Pada saat kawin, Penyu Jantan dan Penyu Betina pergi ke pinggir pantai dimana mereka akan bertelur dan nenetaskan telurnya dengan mengikutimedan magnet bumi sebagai panduannya yang terkadang bisa mencapai 2.253 kilometer jauhnya untuk dapat menemukan pantai yang di inginkan.

Berkembang Biak

Tukik

Penyu berkembang biak dengan cara bertelur di tandan atau juga disebut kopling. Suhu pasir dapat menentukan jenis kelamin penyu. Jika pasir bersuhu di bawah 30 derajad celsius, telur penyu kebanyak menetas dengan kelamin jantan tetapi jika suhu di atas 30 derajad celsiustelur, telur yang menetas kebanyak berjenis kelamin betina. 

Sebuah kopling mungkin memiliki 70-190 telur di dalamnya. Kopling diletakkan di lubang yang di gali oleh Penyu Betina. Setelah seluruh telur diletakan kemudian menutupinya dengan pasir dan sang ibu akan pergi meninggalkannya menuju laut.

Setelah telur menetas, Bayi Penyu atau Tukik akan keluar sendiri dari dalam pasir. Proses ini bisa menghabiskan waktu seminggu. Setelah semuanya keluar dari dalam pasir, mereka bersama-sama akan menuju ke laut. Mereka mungkin tidak akan pernah melihat ayah atau ibu mereka selama sekitar 30-100 tahun mereka hidup.

Klasifikasi Penyu

Berikut Klasifikasi Penyu menurut Sistem Informasi Taksonomi Terpadu (ITIS).

Kerajaan : Animalia
Subkingdom : Bilateria
Infrakingdom : Deuderostomia
Filum : Chordata
Sumphylum : Vertebrata
Infraphylum : Gnathostomata
Superclass : Tetrapoda
Kelas : Reptilia
Order : Testudines
Subordo : Cryptodira
Superfamili : Chelonioidea
Keluarga : Cheloniidae
Subfamilies : Carettinae, Cheloniinae
Genus : 
  1. Penyu Tempayan (caretta caretta)
  2. Penyu Belimbing (dermochelys coriacea)
  3. Penyu Sisik (eretmochelys imbricata)
  4. Penyu Lekang Kempii (lepidochelys kempii), 
  5. Penyu Hijau (chelonia mydas)
  6. Penyu Pipih (natator depressus)
  7. Penyu Lekang (lepidochelys olipachea)

Status Konservasi

Penyu dianggap hewan yang hampir punah oleh International Unior for Conservation of Nature's Red List (IUCN) . Penyu Redley terancam punah keberadaannya sedangkan Penyu Belimbing sangat rentan menuju kepunahan.   

Menurut pembela organisasi Wildlife, tumpahan minyak, kebiasaan perubahan oleh cahaya buatan, hilangnya habitat mereka di pesisir pantai, penangkapan secara liar untuk di komersialkan oleh manusia, terjerat di dalam laut adalah beberapa faktor yang menyebabkan semakin berkurangnya Penyu di seluruh dunia.

Fakta Tentang Penyu lainnya adalah :

- Penyu dapat hidup di dalam air selama sekitar 5 jam.
- Menurut Kebun Binatang San Diego, Penyu Belimbing dapat berenang dengan kecepatan  
   22 mph (35 km/jam).
- Penyu Tempayan meminum air garamdan mengeluarkan kelebihan garam melalui  
   kelenjar  pada mata mereka yang membuat mereka seperti menangis.
- Penyu Pipih muda dapat tidur di permukaan air.


Sumber:LiveScience 


Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "FAKTA MENARIK TENTANG PENYU"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.