10 HEWAN PALING BERBAHAYA DAN MEMATIKAN DI AUSTRALIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Hewan Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Australia  


Di Australia juga kerap muncul hewan-hewan berbahaya dan mematikan bagi manusia.

Kanguru

Mahessa83 - Autralia atau negara Pesemakmuran Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama Benua Australia, Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik yang terkenal dengan hewan khasnya Kanguru. Selain Kanguru, Australia juga memiliki hewan khas lainnya yaitu Koala. Dua hewan ini merupakan ikon negara Australia. Namun dibalik hewan khas yang lucu juga terdapat hewan berbahaya dan mematikan. Di Australia juga kerap muncul hewan-hewan berbahaya dan mematikan bagi manusia seperti 10 Hewan berikut ini 

1. Ular Taipan


Ular Taipan

Ular Taipan (Oxyuranus Elapidae) adalah jenis ular paling berbisa dan berbahaya di Australia. Ular dari jenis senawan bertubuh panjang, gesit dan agresif ini adalah salah satu dari 5 ular paling mematikan di dunia. Semua jenis ular ini memiliki rata-rata panjang tubuhnya sekitar 2-3 meter dan memiliki racun lebih kuat dari Ular Cobra. Bisanya bersifat Neurotoksin, Sangat berbahaya dan dapat merusak saraf manusia. Jenis yang paling mematikan adalah Taipan Pedalaman (Oxyuranus Microtepidotus) yang dapat membunuh hanya dengan setetes racun saja.   

Ular Taipan banyak tersebar di se;uruh Australia bagian tengah dan utara, Papua Nugini dan Pulau Papua, Indonesia.

2. Ular Harimau (Tiger Snake)


Ular Harimau

Ulat Harimau (Notechis Scutatus) adalah jenis ular senawan yang hidup di Australia bagian tenggara dan Pulau Tasmania. Panjang tubuhnya hingga mencapai 3 meter dan memiliki susunan sisik dan pola warna yang berbeda-beda. Ular ini tahan pada cuaca dingin dan makanan utamanya adalah kadal, burung dan mamalia kecil lainnya seperti tikus.

Bisa ular ini bersifat keras dan sangat berbahaya, yakni Neurotoksin, Koagulan, Hemolisin, dan Myotoksin yang bisanya dapat melumpuhkan saraf secara total dan mengakibatkan pendarahan dan sakit di kaki hingga leher serta mengakibatkan Paralisis.  

3. Ular Cokelat (Eastern Brown Snake)


Ular Cokelat

Ular Cokelat atau Eastern Brown Snake (Pseudonaja Textilis) dari timur Australia ini warnanya cokelat kehitam-hitaman. Dengan panjang tubuh mencapai 2,2 meter jika dalam keadaan terancam, dia akan mengakkan badannya seperti ular cobra membentuk huruf "S" dan mengeluarkan racun yang dimilikinya yang memang sangat berbahay dan mematikan.

Ular ini sebisa mungkin hidupnya menjauh dari pemukiman manusia dan dia hanya menggigit jika keadaan sangat terpaksa.  

4. Laba-Laba Punggung Merah (Red Black Spider)


Laba-Laba Punggung Merah

Laba-Laba Punggung Merah atau Red Black Spider dapat ditemukan diseluruh penjuru Australia. Laba-laba ini biasanya berwarna hitam dengan jejak merah dan bergaris orange pada bagian punggungnya.

Laba-Laba ini memiliki racun Neurotoksik yang sangat kuat yang jika terkena gigitannya dapat melemahkan otot, mual, muntah dan berkeringat dingin hingga menyebabkan kelumpuhan dan kematian. 

5. Ikan Batu


Ikan Batu

Ikan Batu (Synanceia Verrucosa)  banyak hidup di perairan hangat wilayah Hindia dan Pasifik terutama di perairan Australia yang rata-rata tubuh mereka dapat mencapai 30 centimeter. Mereka biasanya hidup di perairan berkarang atau yang dipenuhi tumbuhan ganggang kecil.

Ikan Batu merupakan salah satu ikan laut paling beracun di dunia dan sangat berbahaya bila disentuh oleh manusia. Ikan ini tidak akan menggerakan tubuhnya tetapi hanya menggerakan buklu-bulunya yang berbentuk jarum untuk mengeluarkan racunnya.Bagi penyelam yang terkena sengatan Ikan Batu, kakinya terasa seperti tertusuk dan terbakar saat menginjak ikan batu ini.

6. Gurita Cincin Biru (Blue Ring Octopus)


Gurita Cincin Biru

Gurita Cincin Biru (Blue Ring Octopus) adalah salah satu hewan laut paling berbahaya di Australia dan Dunia. Nama "Cincin Biru" diberikan pada hewan ini karena adanya pola totol-totol menyerupai cincin berwarna biru di sekujur tubuhnya. Karena warnanya yang sangat unik itulah maka hewan yang satu ini merupakan hewan laut paling menarik dan indah bila dilihat.

Namun Anda jangan tertipu dengan keindahannya, Faktanya Gurita Cincin Biru adalah salah satu hewan laut paling beracun dan berbahaya jika terkena manusia yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot serta sangat fatal jika racunnya sudah menyentuh paru-paru atau jantung manusia. 

7. Buaya Muara Australia


Buaya Muara Australia

Buaya Muara Australia atau Buaya Berkatak (Crocodylus Porosus) adalah jenis buaya terbesar di dunia. Dinamakan demikian karena buaya ini hidup di rawa-rawa atau sungai-sungai dekat dengan laut (Muara). Buaya jenis ini sering menyerang dan memangsa manusia jika memasuki wilayahnya.

Panjang tubuh buaya ini rata-rata sekitar 2,5 meter hingga 3,3 meter, namun buaya dewasa bisa mencapai panjang 12 meter seperti yang ditemukan di Kalimatantan Timur, Indonesia. 

Buaya Muara sangat berbahaya bagi manusia. Mereka adalah buaya pemangsa manusia sejati. Buaya ini sering menyerang manusia yang memasuki wilayahnya. Di Australia, tercatat ada 2 serangan buaya terhadap manusia setiap tahunnya. Serangan buaya juga pernah dilaporkan di Kalimantan dan Sumatera, Indonesia, India TimurAndaman dan Myamar.  

8. Ubur-Ubur Kotak


Ubur-Ubur Kotak

Ubur-Ubur Kotak (Cubozoa) adalah Invertebrata Cnidaria) yang dibedakan oleh Medusa berbentuk kubus. Ubur-Ubur Kotak terkenal karena memiliki bisa yang sangat kuat yang dihasilkan oleh beberapa spesies seperti Chironex Fleckeri, Carukia Barnesi dan Maio Kingi yang merupakan salah satu mahluk paling berbisa di dunia.

Di Australia, racun fatal yang sering dilakukan oleh spesies terbesar dari kelas ini yaitu Ubur-Ubur Chironex Fleckeri karena potensi tinggi dari racun dibawa dalam nematosista ubur-ubur kotak. Pada Desember 2012, Angel Yanagihara, dari Departemen Ilmu Kedokteran Tropikal Universitas Hawaii menemukan racun yang menyebabkan sel menjadi berpori yang cukup untuk memungkinkan kebocoran kalium, menyebabkan hiperkalemia yang dapat menyebabkan gagalnya Kardiovaskular dan kematian dalam waktu 2-5 menit 

9. Hiu Putih (Great White Shark)


Hiu Putih

Hiu Putih (Carcharodon Carcharias) banyak hidup di perairan utama dan sekitar perairan Australia. Hiu Putih memiliki tubuh yang besar yang dapat mencapai panjang 6 meter dengan berat sekitar 2.268 Kilogram. 

Hiu Putih bisa dibilang sebagai Hiu Terbesar Di Dunia dan merupakan salah satu predator laut yang sangat berbahaya dan mematikan di dunia. Hiu Putih juga merupakan hewan laut yang paling sering menyerang manusia namun menurut IUCN Hiu Putih merupakan salah satu hewan laut yang terancam punah di dunia. 

10. Laba-Laba Hitam (Funnel Web Spider) 


Laba-Laba Hitam

Laba-Laba Hitam atau Funnel Web Spider bayak hidup di daerah basah dan hutan pedalaman Australia. Hewan ini menyerang korbannya untuk mendapatkan darah dan jika mereka menggigit manusia akan menyebabkan demam, kelopak mata tertutup dan serangan jantung mendadak.

Nah itulah 10 Hewan Paling Berbahaya dan Mematikan Di Australia dari banyaknya hewan yang hidup di Benua Australia dan perairan Australia yang apabila kita tidak berhati-hati berada di dekatnya akan sangat membahayakan keselamatan diri kita sendiri.  

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 HEWAN PALING BERBAHAYA DAN MEMATIKAN DI AUSTRALIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.