10 AQUARIUM TERBESAR DI DUNIA

10 Aquarium Terbesar Di Dunia  


Aquarium Terbesar Di Dunia pertama kalinya di bangun di Kebun Binatang London pada tahun 1853.

Aquarium Terbesar Di Dunia

Mahessa83 - Aquarium adalah sebuah vivarium yang biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi transparan  (dari gelas, plastik, kaca atau akrilik berkekuatan tinggi) yang di dalamnya hidup satwa dan tumbuhan air. Aquarium sendiri berasal dari bahasa latin aqua yang berarti "air" dan sufiks-arium yang berarti tempat.

Aquarium Terbesar Di Dunia pertama kalinya di bangun di Kebun Binatang London pada tahun 1853. Namun seiring berjalannya waktu kini mulai banyak di bangun Aquarium raksasa yang dibangun di banyak negara. seperti pada 10 Aquarium Terbesar Di Dunia berikut ini.

1. Hengqin Ocean Kingdom, China


Hengqin Ocean Kingdom

Hengquin Ocean Kingdom adalah salah satu Aquarium Terbesar di dunia yang terletak di Chimelong Internasional Ocean Resort di Hengqin, Zhuhai, China. Di aquarium ini Anda dapat melihat Ikan Hiu Paus, Ikan Puas Beluga, Beruang Kutub dan hewan menggemaskan lainnya dari dekat. 

Hengquin Ocean Kingdom juga pernah di nobatkan sebagai pemenang The a Award untuk Oautsanding Achievment (Theme Park) pada tahun 2014 sebagai tujuan kelas dunia yang tidak boleh Anda lewatkan.     

2. Dubai Aquarium & Underwater Zoo, Uni Emirat Arab


Dubai Aquarium & Underwater Zoo

Dubai Aquarium & Underwater Zoo memiliki panel Aquarium Terbesar Di Dunia dengan luas 51 meter x 20 mter x 11 meter dengan lebar 32,8 meter dan tinggi 8,3 meter. Di aquarium ini bukan saja berisi ikan semata tetapi juga biota laut menarik dan memukau lainnya yang setidaknya terdapat 33.000 biota laut yang bebas meliuk liuk disana dengan 85 spesies berbeda termasuk 400 kombinasi dari Ikan Hiu dan Pari.

Pemandangannya juga tidak mendatar saja tetapi melengkung hingga 270 derajad pada bagian terowongan. Dengam begitu pengunjung bisa mendapatkan pemandangan lebih fantastis dan menjadikan pengalaman pengunjung lebih melekat. 

3. Aquadom, Jerman


Aquadom

Aquadom adalah aquarium berbentuk silinder setinggi 25 meter yang terdapat di lobi Hotel Radisson Blue di Berlin, Jerman. Aquarium ini juga dikenal sebagai aquarium berdiri terbesar di dunia. Selain itu aquarium ini juga memiliki lift ditengahnya untuk memberikan pengunjung pengalaman unik pemandangan bawah laut dalam tangki 1 juta liter.

Aquadom di buat pada tahun 2004 dengan menggunakan 4 buah silinder akrilik yang di produksi di di tempat dan secara individual di derek ke tempatnya dengan crane. Silinder terluar berdiameter 11 meter. Semua struktur bersandar pada satu pondasi setinggi 9 meter.
   

4. Aquarium of Western Australia


Aquarium of Western

Aquarium of Wetern Australia atau Aqwa memiliki tangki aquarium terbesar di Australia. Tangki utama aquarium ini memiliki panjang 40 meter dengan lebar 20 meter dan dapat menampung 3.000.000 liter air laut. Di bawahnya terdapat terowongan bawah air sepanjang 98 meter dengan biaya tambahan pengunjung dapat melakukan kegiatan snorkeling dan menyelam untuk dapat berada lebih dekat lagi dengan ikan hiu dan ikan pari dengan ditemani oleh penyelam profesional.

5. Aquarium of Genoa, Italia



Aquarium  of Genoa

Aquarium of Genoa adalah salah satu Aquarium Terbesar di Dunia dan juga Eropa. Terletak di dekat pelabuhan tua Genoa, Italia, Aquarium seluas 3.100 meter persegi dengan 70 tangki aquarium yang dapat mereproduksi habitat laut dan darat dari seluruh dunia dengan 6.000 hewan di dalamnya.  

Beberapa tangki mereproduksi lingkungan alam dari daerah yang berbeda seperti Mediterania, Laut Merah dan Samudra Hindia. Yang paling spektakuler adalah tangki yang berisi Hiu, Lumba-lumba dan Anjing Laut.

6. UShaka Marine World, Afrika Selatan



UShaka Marine World

UShaka Marine World terletak di kota Durban, KwaZulu-Natal, Afrika Selatan yang di buka pada tahun 2004 merupakan Aquarium Terbesar Di Dunia yang berada di belahan bumi bagian selatan. Aquarium yang terbentuk seperti kerangka perahu tenggelam ini merupakan tempat habitat biota laut dari 7 samudra yang masing-masing mempunyai area tersendiri sehingga pengunjung bisa melihat sendiri biota apa saja yang endemik di kawasannya.

Di tempat ini setidaknya ada panel sepanjang 500 meter yang bisa dijadikan media oleh para pengunjung untuk menikmati pemandangan hewan laut tersebut. Asyiknya panel-panel ini berada di banyak ruangan sehingga pengunjung bisa tetap merasakan sensasi berada di dalam air.  

7. Monterey Bay Aquarium, AS



Monterey Bay Aquarium

Monterey Bay Aquarium juga merupakan salah satu aquarium terbesar di dunia. Aquarium ini terkletak di kota Monterey, California, AS dengan tinggi 10 meter dan dapat menampung air laut sebanyak 1,3 juta liter.

Aquarium ini memamerkan berbagai jenis hewan laut speri Ikan Pari, Ubur-ubur serta biota laut lainnya yang seolah-olah mengajak Anda berada di dasar Samudra.

8. Turkuanzoo, Turki


Turkuanzoo

TurkuaZoo adalah salah satu Aquarium Terbesar di Eopa dan Dunia yang dibangun di Bayrampasa, Istambul, Turki. Aquarium yang pertama dibangun di Turki untuk publik ini merupakan salah satu Aquarium Terbesar di Eropa. Selain sebagai daya tarik wisata utama bagi Istambul, TurkuaZoo juga merupakan pusat penelitian kelautan dan konservasi. 

9. L'Oceanograhic , Spanyol


L'Oceanographic

L'Oceanographic adalah salah satu aquarium terbesar di dunia yang terletak disebelah timur kota Valencia, Spanyol dimana habitat laut terwakili. Aquarium yang di desain oleh Felix  Candela dan insinyur struktur Alberto Domingo dan Carlos Lazaro terintregrasi ke dalam komplek yang disebut dengan Ciutat de les defisiensi (kota seni dan ilmu pengetahuan) dibuka pada 4 Februari 2003.

Aquarium L'Oceanographic adalah salah satu Aquarium Terbesar Di Dunia dengan luas 110.000 meter persegi dengan 42.000.000 liter air laut yang terbagi pada 26.000.000 untuk Dolphinnarium dan 7.000.000 liter untuk tangki Hiu, Pari dan ikan lainnya yang setidaknya ada 45.000 hewan dari 500 spesies yang berbeda seperti ikan, mamalia laut, burung, reptil dan invrebrata lainnya seperti hiu, anjing laut, pinguin, lumba-lumba, singa laut, paus beluga dan lainnya yang menghuni 9 menara air yang setiap towernya tersusun 2 tingkat dan merupakan ekosistem dalam planet ini. 

10. Okinawa Churaumi Aquarium, Jepang


Okinawa Churaumin Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium berada di dalam Ocean Expo Park, Jepang. Aquarium ini pertama kalinya dibuka pada tahun 2002 lalu dengan atraksi utama yang disebut dengan Kuroshio Sea yang dapat menampung air sebanyak 7,5 juta liter air laut.

Ketika baru dibuka, Tempat ini menjadi Aquarium Terbesar di Dunia, namun saat ini keberadaannya dapat disaingi oleh Dubai Mall Aquarium. Berdiri di depan Kuroshio Sea, para pengunjung dapat melihat Hiu Paus dan Parimanta berenang bebas seperti di laut lepas. 

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook