6 MASJID TERAPUNG PALING INDAH DI INDONESIA

6 Masjid Terapung Paling Indah Di Indonesia  


"Selain sebagai tempat ibadah dan siar Agama Islam Masjid Terapung juga merupakan objek wisata religi yang sangat menarik dan unik yang layak Anda kunjungi"

Masjid-Terapung-Al-Aminah

Mahessa83 - Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki banyak tempat ibadah yang tersebar luas dari ujung Sumatera hingga Papua. Di antara kemegahan masjid yang ada di Indonesia setidaknya memiliki 6 Masjid Terapung yang berdiri megah di bibir pantai Indonesia.

Selain sebagai tempat ibadah dan siar Agama Islam Masjid Terapung juga merupakan objek wisata religi yang sangat menarik dan unik yang layak Anda kunjungi.

Masjid Terapung seolah memiliki daya tarik tersendiri yang menawarkan ketenangan bathin bagi siapa saja yang melakukan ibadah di dalamnya. Berikut 6 Masjid Terapung Paling Indah di Indonesia yang sebagian diantaranya masih dalam tahap pembangunan.

1. Masjid Terapung Amirul Mukminin, Makassar


Masjid-Terapung-Amirul-Mukminin

Masjid Terapung Amirul Mukminin adalah masjid terapung yang dibangun di kawasan wisata Pantai Losari, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Masjid ini diresmikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia, Bapak Yusuf Kalla pada tanggal 21 Desember 2012. Meskipun ukurannya tidak terlalu luas, masjid ini dapat menampung 400 hingga 500 jamaah.   

2. Masjid Terapung Arkam Babur Rahman, Palu 


Masjid-Terapung-Arkam-Babur-Rahman

Masjid Terapung Arkam Babur Rahman di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah merupakan salah satu masjid unik di Indonesia. Keunikan ini ditandai dengan keberadaannya di atas laut sehingga banyak orang yang menyebutnya Masjid Terapung. Selain itu pada malam hari, kubah masjid akan memancarkan cahaya 7 warna yang sangat indah dan menakjubkan.


3. Masjid Terapung Al-Aminah, Lampung


Masjid-Terapung-Al-Aminah

Masjid Terapung Al-Aminah adalah sebuah tempat indah ummat muslim yang terletak di 300 meter dari bibir Pantai Sari Ringgung, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Masjid ini dapat mengapung karena ditopang oleh beberapa pelampung dan dijangkar agar tidak terbawa arus laut. 

Pada awalnya masjid ini difungsikan sebagai tempat ibadah bagi para nelayan yang masih berada di laut. Masjid yang dibangun pada tahun 2012 ini kemudian direnovasi pada tahun 2014 dan juga dijadikan Tempat Wisata Di Lampung pada tahun 2015 lalu.

4. Masjid Terapung Al-Munawar, Ternate


Masjid Terapung-Al-Munawar

Masjid Terapung Al-Munawar adalah sebuah tempat ibadah yang dibangun diatas laut pada tahun 2003  lalu di Pantai Sewiring, Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid yang merupakan kebanggan masyarakat Ternate ini dengan luas sekitar 6 hektar dapat menampung 15.000 jamaah.

Keistimewaan dari Masjid Terapung Al-Munawar tak hanya sekedar pada letak bangunnya yang berada di atas laut melainkan asitektur masjid ini juga terlihat sangat megah dan indah. Ada 4 menara menjulang tinggi di sisi-sisi masjid. Keempat menara masjid ini akan terlihat sangat indah bila dilihat dari kejauhan karena seolah-olah masjid ini terapung-apung di tengah laut. 

Selain itu pemandangan disekitar masjid juga sangat indah dan menakjubkan. Dengan latar belakang Gunung Gamalama, Masjid Terapung Al-Munawar akan semakin terlihat anggun dan agung dengan pancaran sinar lampu masjid. 

5. Masjid Terapung Al-Jabbar, Jawa Barat


Masjid-Terapung-Al-Jabbar

Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat akan membangun sebuah Masjid Terapung Al-Jabbar  di Danau Gedebage. Masjid yang diperkirakan dapat menampung 50 ribu jamaah itu akan dilengkapi dengan museum tentang Islam, perpustakaan, Sementara pada bagian bawah masjid akan menjadi tempat percetakan Alqur'an sedangkan pada bagian halaman masjid akan dibangun miniatur Ka'bah demi menunjang kegiatan manasik.

Pembangunan Masjid Masjid Al-Jabbar yang memiliki luas 42.125 meter persegi dengan luas bangunan masjid 99 x 99 meter tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun 2017.

6. Masjid Terapung Banten, Provinsi Banten


Masjid-Terapung-Banten

Masjid Terapung Banten yang sedang dibangun di wilayah Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten akan menjadi Masjid Terapung Terbesar Di Dunia. Dengan luas sekitar 17.000 meter persegi masjid ini akan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas lainnya seperti kamar penginapan serta restoran khas kuliner Banten.  

Terimaksih telah membaca artikel 6 Masjid Terapung Paling Indah Di Indonesia, Semoga dapat menambah wawasan kita semua.  


dari berbagai sumber


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook