MISTERI SUKU LINGON DI BELANTARA HUTAN HALMAHERA

Misteri Suku Lingon Di Belantara Hutan Halmahera 


Suku Lingon

Mahessa83 - Indonesia merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari berbagai suku dengan berbagai macam budaya. Namun terlepas dari banyaknya suku bangsa di Indonesia ternyata ada beberapa suku di Indonesia yang keberadaannya masih sangat misterius lantaran memiliki ciri fisik yang berbeda bila dibandingkan dengan ciri fisik suku lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah Suku Lingon yang hidup Di Belantara Hutan Halmahera Timur.

Suku Lingon adalah sebuah suku yang keberadaannya masih sangat misterius yang tinggal di hutan belantara Halmahera, Indonesia. Secara fisik suku ini bukan berasal dari ras weddoit, melanisia, polinesiamaupun ras mongoloid seperti kebanyakan penduduk asli Halmahera lainnya.

Secara fisik bentuk tubuh dari orang-orang Suku Lingon memiliki postur tinggi, berkulit putih dan berambut pirang serta bermata biru atau hijau seperti orang-orang dari eropa. Walaupun banyak diantaranya memiliki rambut berwarna hitam, tetapi pada dasarnya Suku Lingon memiliki fisik yang berbeda dengan masyarakat melayu lainnya.  

Keberadaan asal-usul Suku Lingon di belantara hutan Halmahera tidak diketahui secara pastinya. Kapan dan darimana datangnya hingga berada di belantara Hutan Halmahera namun jika dilihat secara fisik dari mereka diperkirakan mereka datang dari wilayah Eropa.

Dari cerita rakyat yang beredar, bahwa sekitar 350 tahun yang lalu ketika sebuah kapal dari Eropa karam dan tenggelam di dekat Perairan Halmahera.

Sekelompok penunpang kapal karam ini ada yang selamat dan terdampar di pulau ini. Kemudian mereka mulai membangun sebuah pemukiman di pedalaman Hutan Halmahera Timur yang kini disebut Suku Lingon atau Lingon Trible.

Keberadaan mereka di Pedalaman Hutan Halmahera akibat adanya ancaman dari suku asli Halmahera yaitu Suku Togutil yang hidup diwilayah pesisir yang sering mencoba menculik gadis-gadis Suku Lingon yang cantik-cantik untuk dijadikan istri.

Selain itu Suku-suku setempat juga beranggapan bahwa Suku Lingon ini sangat berbahaya. Mereka memakan daging mentah dan memiliki ilmu sihir sehingga keberadaan mereka membuat takut suku-suku lainnya di Pulau Halmahera.  

Setelah menetap selama ratusan tahun, budaya asli mereka lama-kelamaan mulai pudar dan berubah dratis. Berubah dengan budaya setempat yang relatif masih primitif serta menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Hingga kini keberadaan Suku Lingon yang unik dan misterius ini masih merupakan sebuah misteri yang belum terpecahkan.

Karena hingga saat ini keberadaan dan populasi mereka tidak diketahui secara pasti. Apakah suku ini masih ada ataupun sudah punah ataupun sudah berbaur dengan suku-suku lainnya yang hingga kini masih merupakan sebuah misteri yang belum terpecahkan. 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook