7 POHON PALING UNIK DI INDONESIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

7 Pohon Paling Unik Di Indonesia  


Mahessa83 - Indonesia yang terletak di negara tropis banyak dikaruniai bermacam-macam kekayaan alam dan tumbuhan yang berlimpah.  Dari ribuan spesies yang ada salah satunya adalah pohon  berbentuk unik dan aneh yang hanya terdapat di hutan-hutan Indonesia.

Sebagai mahluk hidup, Pohon juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan salah satu elemen terpenting bagi manusia. Indonesia yang juga merupakan paru-paru bagi dunia memiliki hutan yang luas dengan ribuan spesies tumbuhan di dalamnya yang tak jarang menjadi ikon wisata dan budaya bagi suatu daerah. 

Memang mahluk hidup itu penuh dengan misteri. Begitu juga dengan keberadaan pohon-pohonnya. Tak sedikit dari jenis tumbuhan atau pohon yang tumbuh dengan bentuk unik dan aneh yang jarang terjadi di bumi ini.

Pohon apa saja itu? Berikut 7 Pohon Paling Unik Di Indonesia yang dapat Anda lihat dan saksikan dibawah ini.  

1. Pohon Loreng, Sulawesi Tenggara


Pohon Loreng

Pohon Loreng adalah pohon berbatang aneh yang tumbuh di Hutan Lindung Wakonti, Kabupaten Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.  Keanehan dari pohon ini dikarenakan seluruh batang hingga dahannya memiliki aneka macam warna seperti hijau, merah atau hitam hingga batang pohon ini memiliki warna loreng seperti baju loreng pada seragam militer.

Menurut penelitian, pohon yang belum diberi nama ini baru diketemukan sekitar tahun 2003 saat datangnya eksodus asal Ambon yang kini berdiam disekitar kawasan hutan lindung.

2. Pohon Atap Rumah, Toraja


Pohon Atap Rumah

Pohon yang terletak di Dusun Pao, Lembang Nanggala, Kabupaten Toraja Utara tumbuh di sebuah atap rumah Adat Tana Toraja (Tangkonan). Pohon dari jenis Beringin ini semua akarnya tetap berada diatap rumah dan dibiarkan tetap tumbuh hingga sekarang lebih unik lagi  akar pohon ini tidak ada yang sampai menyentuh permukaan tanah sedikitpun.  

3. Pohon Batu Berdaun, Kepulauan Riau


Pohon Batu Berdaun

Pada awalnya Pohon Batu Berdaun adalah pohon Leban Pantai yang tumbuh diatas batu besar. Namun sekarang pohon cemara pun dapat tumbuh diatas permukaan batu tersebut. 

Pohon Batu Berdaun adalah salah satu pohon unik yang terdapat di Kepulauan Riau. Pohon ini terlihat seperti batu yang berdaun, tetapi sebenarnya ini ayang ditengahnya ditumpangi pohon. Akarnya terletak ditengah-tengah batu yang luar biasa kerasnya.

4. Pohon Ujung Tebing, Sumatera Barat

Pohon Ujung Tebing

Pohon unik berikutnya adalah sebuah pohon yang dapat tumbuh sendirian di puncak tebing dengan pemandangannya yang sangat indah. Tebing yang dikenal dengan nama Tebing Tabiang Takuruang berada di Ngarai Sianok, Sumatera Barat.

Saat ini sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini untuk melihat keunikan dan keindahannya serta menjadikan lokasi ini sebagai objek lukisan para seniman.

5. Pohon Pintu Gerbang, Jawa Tengah

Pohon Pintu Gerbang

Pohon Pintu Gerbang adalah pohon yang terbentuk oleh 2 akar pohon yang menyerupai Pintu Gerbang raksasa. Pohon unik ini terletak di hutan kaki Gunung Slamet. Pohon ini banyak dijadikan oleh para pendaki sebagai tempat favorit sebelum menuju puncak Gunung Slamet.

6. Pohon Jembatan Akar


Pohon Jembatan Akar

Pohon ini terbilang cukup unik karena terbuat dari 2 akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang diatas aliran Sungai Batang Bayang, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dengan lebar 1,5 meter dengan ketinggian 10 meter dari permukaan sungai. Jembatan yang mulai dibentuk sejak tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916 hingga saat ini. Seiring bertambahnya usia, Jembatan Akar atau  Titian Aka ini semakin kokoh dan semakin kuat. 

7. Pohon Bunut Bolong, Bali


Pohon Bunut Bolong

Pohon Bunut Bolong adalah salah satu pohon unik berikutnya. Pohon yang memiliki lubang pada tengah batangnya ini terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pakutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pohon yang dianggap memiliki aura mistik oleh warga sekitar ini dipercaya oleh masyarakat sekitar tidak boleh melewati lubang pohon ini bagi mobil pengantin karena dipercaya pernikahannya akan menjadi batal. Begitu juga dengan mobil jenazah untuk tidak melewati jalan ini, Maka dari itu warga sekitar berinisiatif membuat jalan alternatif disamping Pohon Bunut Bolong.

Nah itulah 7 Pohon Paling Unik Di Indonesia yang dapat Anda lihat dan saksikan jika berkunjung ke tempat-tempat dimana Pohon Unik ini tumbuh. Semoga artikikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita tentang keberadaan pohon-pohon unik lainnya  di Indonesia.

   
  

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "7 POHON PALING UNIK DI INDONESIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.