7 PENEMUAN SPESIES BARU DI BUMI 2016

7 Penemuan Spesies Baru Di Bumi 2016  


Mahessa83 - Sejumlah spesies baru berhasil ditemukan oleh para ilmuwan dari berbagai negara dari tempat-tempat tersembunyi di bumi. Seperti Kepiting Warna-warni di India atau Gurita Hantu Casper di perairan Hawaii.

Berikut 7 Spesies Hewan Baru yang baru ditemukan oleh para ilmuwan dari berbagai negara yang kami lansir dari dw.com.

1. Kepiting Warna-Warni


Kepiting Warna-warni

Para ilmuwan berhasil menemukan lima spesies baru kepiting air tawar di sebuah pegunungan di  Westghat, India. Pegunungan ini merupakan salah satu sumber keragaman hayati terkaya di bumi. Salah satunya adalah Kepiting Warna-Warni unik yang bernama latin Gubernatoriana Thackerayi yang diambil dari nama penemunya.

2. Gurita Hantu Casper


Gurita Hantu Casper

Beberapa spesies Gurita atau Cumi dari keluarga Cephalopoda diketahui bisa merubah warna kulit sebagai upaya penyamaran. Tetapi hewan Gurita Hantu Casper yang ditemukan diperairan Hawaii ini sebaliknya. Hewan ini tidak mempunyai pigmen warna hingga mirip dengan sosok film kartun Hantu Casper. 

3. Bunga Bangkai Kerdil


Bunga Bangkai Kerdil

Selama ini kita hanya mengenal Bunga Raflesia atau Bunga Bangkai yang berukuran raksasa lebih dari 1 meter. Tetapi Bunga Bangkai Kerdil atau Rafflesia Consueloae ini yang ditemukan di Pulau Luzon, Filipina pada bulan Februari 2016 lalu berukuran paling kecil. Diameternya hanya berukuran 13 centimeter.

4. Ular Bercahaya


Ular Bercahaya

India menjadi tempat yang banyak menemukan spesies baru di abad ke-21 ini. Sebuah tim peneliti gabungan ilmuwan Inggris dan India berhasil menemukan spesies ular tidak berbisa yang seolah-olah dapat memancarkan cahaya. Temuan ini merupakan temuan pertama jenis spesies tersebut sejak 144 tahun terakhir.

5. Ikan Piranha Vegetaris


Ikan Prinha Vegetaris

Ikan piranha selalu digambarkan sebagai ikan buas, yang melahap mangsanya, hewan atau manusia dalam bilangan menit, hingga hanya tersisa kerangka. Tapi ikan piranha spesies baru yang ditemukan di kawasan Amazona di barat Brasil ini hanya makan tumbuhan alias vegetaris. Ikan Piranha ini diberi nama latin Myloplus Zorroi mengambil nama dari kisah film Zorro. 

6. Tarantula


Tarantula

Tarantula atau laba-laba berbulu hitam ini, salah satu dari 14 spesies baru laba-laba tarantula yang ditemukan ilmuwan Amerika Serikat di tahun 2016 ini. Diberi nama Johny Cash, penyanyi country terkenal Amerika, karena spesies baru ini pertama ditemukan di dekat penjara Folsom di California, di mana penyanyi country itu merekam hitnya “Folsom Prison Blues“. 

7. Katak Pohon India


Katak Pohon India

Puluhan spesies katak baru dapat ditemukan pada tahun 2016 ini. Salah satunya adalah Katak Pohon India yang diberi nama Frankixalus Jerdonii. Genus katak pohon ini diyakini telah punah sejak 137 tahun silam. Tetapi tim riset India menemukannya kembali di Timur Laut India. Katak pohon ini menetas dalam lubang di atas pohon dan induknya memberi makan kecebong dengan telur yang tidak di buahi.   
  Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook