PENEMUAN ALTAR MARMER KUNO ANAK HERCULES DAN HYDRA DI TURKI

Penemuan Altar Marmer Kuno Anak Hercules Dan Hydra Di Turki


Altar Marmer Kuno


Mahaessa83-Sebuah altar marmer kuno menunjukkan seorang prajurit berjuang melawan ular raksasa telah ditemukan oleh warga desa di dekat Sungai Akcay, Turki.

Menurut para ahli arkeologi altar ini mungkin berasal dari abad ke-2 masehi saat Kekaisaran Romawi menguasai daerah tersebut.

Menurut arkeologi, Sulit untuk manafsirkan ukiran yang berada di altar. Mereka berpikir ini adalah ukiran gambar anak Hercules yang bernama Bargasos, berjuang melawan ular raksasa dewa sungai yang bernama Harpasos. Kepada siapa altar tersebut dipersembahkan. Pada saat penciptaan altar, Sungai Akcay dikenal sebagai Sungai Harpasos.

Altar setinggi 2 kaki (0,61 meter) dan lebar 1,5 kaki (0,45 meter) berbunyi,"menurut (perintah dalam) mimpi, Flavius Ouliades mengatur ini ke (sungai) Dewa Harpasos" (dalam bahasa Yunani). Prasasti ini sekarang disimpan di Museum Aydin, Turki.

"Dedikasinya menunjukan bahwa Flavius Ouliades, orang yang menciptakan alter, memiliki keyakinan yang kuat kepada dewa sungai," kata arkeolog. "Sebagai hasil komunikasi dengan dewa sungai Harpasos dalam mimpi, Flavius Ouliades diminta untuk mempersembahkan sebuah altar," tulis Hasan Melayu, seorang profesor di Universitas Ege, Turki dan Funda Ertugrul seorang arkeolog dari Museum Aydin  di sebuah artikel yang diterbitkan dalam journal Epigraphica Anatolica. 

"Ouliades mungkin telah berjanji akan mempersembahkan sebuah altar jika dewa sungai menjawab doa-doanya untuk panen yang baik atau perlindungan bagi dirinya sendiri atau hewan atau dari banjir atau terjatuh dari lereng yang curam atau penyembuhan dari suatu penyakit", tulis Melayu dan Ertugrul.    

Pertempuran Mistis


Prajurit laki-laki telanjang yang terdapat dalam altar mengenakan helm dan memegang pisau di tangan kanannya dan perisai di tangan kirinya. Di sudut kanan bawah terlihat gambar ular melengkung dengan banyak kepala. Binatang mitos tersebut dikenal dengan Hydra.

Dalam mitologi kuno, Dewa Hercules berjuang melawan ular Hydra disebuah rawa diwilayah Yunani yang dikenal sebagai Lerna. Setelah Hercules berhasil membunuh ular raksasa, rawa bisa dikeringkan dan dibudidayakan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Namun para peneliti mengatakan, prajurit yang ada di altar bukanlah Hercules. Sebaliknya mereka mengatakan mungkin itu Barbagos  yang dalam mitologi kuno adalah anak dari Hercules dari seorang wanita bernama Barge. Sebuah kota kuno di Turki bernama Bargasa menghormati anak tersebut.

Dalam mitologi kuno, pertempuran digambarkan di atas mezbah yang mungkin telah menyebabkan penciptaan dari Sungai Dewa Harpasos, kata para peneliti. "Lembah Harpasos dengan wilayah berpasir dimana banyak senjata ditemukan di Sungai Harpasos adalah sebanding dengan Lerna", tulis Melayu dan Ertugrul.

"Adegan di atas meztah menjadi referensi bagi kami dari cerita mitos lokal tentang perjuangan Bargasos terhadap sungai melanda banyak senjata. Setelah prajurit mengalahkan  ular raksasa, sungai berubah menjadi sangat menguntungkan", tulis Melayu dan Ertugrul.  


sumber:LiveScience  





Dengan Mengklik Iklan Di Bawah ini, Donasi Anda, Kami butuhkan untuk membangun Website ini.
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook