10 TRADISI UNIK MENYAMBUT TAHUN BARU DI BERBAGAI NEGARA

10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Di Berbagai Negara 


Mahessa83-Setiap negara memiliki Tradisi Unik dalam menyambut pergantian malam di akhir tahun. Hal ini bisa dipengaruhi dari budaya dan kebiasaan negara setempat.

Negara-negara di bawah ini memiliki Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru dengan penuh harapan baru sesuai dengan kebiasaan mereka. Seperti memakan 12 biji buah anggur di Spanyol atau Menabur bunga ke laut yang dilakukan oleh masyarakat Brasil. Berikut 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Di Berbagai Negara yang kami himpun dari berbagai sumber. 

1. Memakan 12 Biji Buah Anggur, Spanyol


Memakan 12 Biji Buah Anggur, Spanyol

Memakan 12 biji buah anggur dan berdoa merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Spanyol pada saat tengah malam pergantian tahun. Jumlah Anggur yang dimakan merupakan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

2. Bakar Foto, Ekuador


Bakar Foto, Ekuador

Di Ekuador, orang-orang biasanya melakukan perayaan tahun baru dengan membakar foto-foto yang menyimpan kenangan buruk. Masyarakat Ekuador akan berkumpul di suatu tempat dan menyalakan api untuk membakar foto dan menghilangkan jejak kelam di tahun lalu.

3. Tamu Pertama, Skotlandia


Tamu Pertama, Skotlandia

Di Skotlandia, Orang-orang disana menyebut malam tahun baru sebagai "Night of the Candle". Mereka menyambut tahun baru dengan cara membersihkan rumah dan mempersiapkan diri menyambut tamu yang datang. Mitosnya siapa tamu pertama yang memasuki pintu rumah dan membawa hadiah bagi tuan rumah akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga.

4. Melelehkan Lempengan Timah, Finlandia


Melelehkan Lempengan Timah, Finlandia

Di Finlandia tradsisi malam tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah. Hal ini dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan untuk tahun berikutnya. Jika timah yang dilelehkan berbentuk cincin maka akan ada perkawinan. Jika nampak seperti kapal, maka akan ada perjalanan serta masih banyak lagi simbol-simbol lainnya.

5. Celana Dalam Kuning, Bolivia


Celana Dalam Kuning, Bolivia

Masyarakat Bolivia percaya bahwa celana dalam berwarna kuning dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang memakainya saat perayaan malam tahun baru. Oleh karena itu setiap pergantian malam akhir tahun, Masyarakat di Bolivia akan berbondong-bondong membelinya dan memakainya tepat dipergantian malam tahun baru.

6. Menabur Bunga Ke Laut, Brasil


Menabur Bunga Ke Laut, Brasil

Masyarakat Brasil mengenal sosok Lemanja dalam Legenda Dewa Laut. Maka setiap malam pergantian tahun masyarakat disana melakukan ritual untuk menghormati Lemanja dengan mengenakan baju putih bersih yang dilakukan di pinggir-pinggir pantai sambil menaburkan bunga ke laut, mengubur mangga, pepaya dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan mereka terhadap sang dewa.

7. Makan Tatsukuri, Jepang


Makan Tatsukuri, Jepang

Setiap malam pergantian tahun, Masyarakat di Jepang akan menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan awetan yaitu, Telur Ikan, sebagai simbol kemakmuran, Ikan Sardin Asap (tatsukuri) sebagai simbol tanah yang subur dan manisan dari tumbuhan laut, yang merupakan simbol perayaan.

8. Makan Thuck Gook, Korea Selatan


Makan Thuck Gook, Korea Selatan

Orang Korea mempunyai sapaan akrab di setiap perayaan tahun baru. "Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?" Menurut kepercayaan orang Negri Gingseng ini, Apabila pada malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau Thuck Gook, Maka mereka tidak bertambah tua di tahun itu.

9. Menyajikan Makanan Berbentuk Bulat, Filipina


Menyajikan Makanan Berbentuk Bulat, Filipina

Banyak keluarga di Filipina menyajikan buah berbentuk bulat di meja makan di malam tahun baru. Mereka akan memakan 12 buah tersebut tepat dimalam pergantian tahun sambil memaki kostum dengan motif polkadot atau bintik-bintik untuk mendapatkan keberuntungan di tahun depan.

10. Tahun Baru Di Pemakaman, Cile


Tahun Baru Di Pemakaman, Cile

Ini mungkin tradisi perayaan tahun baru terunik di dunia. Jika di beberapa negara mengunjungi pemakaman dilakukan menjelang upacara keagamaan atau halloween, Maka di Cile dilakukan di malam pergantian tahun. Para keluarga di Cile akan merayakan malam tahun baru di pemakaman bersama dengan para keluarga mereka yang telah meninggal. Mereka akan mendekorasi makan dengan berbagai atribut seperti lilin dan para anggota keluarga akan bersosialisasi dengan mengelilingi makam tersebut.


Dengan Mengklik Iklan Di Bawah ini, Donasi Anda, Kami butuhkan untuk membangun Website ini.
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook