8 TEMBOK BESAR PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA


Tembok Besar Cina

Mahessa83-Selama ini kita hanya mengetahui bahwa Tembok Besar hanya berada di Cina. Tetapi sesungguhnya banyak Tembok-Tembok Besar yang dibangun di tempat lain yang juga sangat menakjubkan untuk dilihat.

Tembok Besar adalah sebuah tembok atau dinding yang sebagian besar dibangun sebagai bentuk pertahanan dari serangan musuh atau sebagai tempat untuk menghalangi orang keluar masuk dengan bebas. Seperti halnya Tembok Besar Berlin yang dibangun untuk mencegah warga Jerman Timur untuk melarikan diri Ke Jerman Barat atau Tembok Konstatinopel yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi untuk menghalau serangan musuh terutama dari Kekaisaran Ottoman atau Tembok Besar Cina yang di bangun sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh di Cina Utara.

Berikut 8 Tembok Besar Paling Menakjubkan Di Dunia seperti dilansir dari oddee.com

1. Hadrian's Walls



Tembok Besar Hadrian

Tembok Hadrian di bangun pada tahun 122 AD dalam masa kekaisaran Hadrian (117-138 AD) untuk menjaga bangsa Romawi di Inggris dari serangan Suku Pict.
Tembok yang membentang dari laut utara sampai ke laut Irlandia (dari Tyne ke Solway) sepanjang 73 mil dengan lebar 8-10 kaki dan tinggi 15 kaki. Selain tembok, orang-orang Romawi juga membangun sebuah benteng kecil yang disebut Milecastle setiap milnya sepanjang Tembok Pemisah, Menara setiap 1/3 mil, 16 benteng besar sepanjang tembok dengan gerbang besar di bagian utara. Di sebelah selatan tembok di bangun parit (Vallum).

2. The Great Wall of Croatia (Tembok Besar Kroasia)

Tembok Besar Kroasia
Tembok Besar Kroasia ini di bangun pada abad ke-15 yang terletak di kota Ston, Kroasia yang terdiri dari tiga tembok pemisah sepanjang setengah mil. Tembok ini dibangun sebagai bentuk perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman. Secara bertahap tembok pemisah ini lapuk dari tahun ke tahun  dan hancur akibat gempa bumi yang terjadi pada tahun 1996. Namun renovasi tembok ini sedang berlangsung hingga saat ini.

3. The Great Wall of India ( Tembok Besar India)

Tembok Besar India
Tembok Besar India, Kumbhagarh adalah sebuah tembok terpanjang kedua di dunia yang terletak di negara bagian Rajasthan di India Barat. Pembangunan tembok sepanjang 36 km di mulai dengan aturan Rana Kumbha pada tahun 1443 masehi. 

Di butuhkan waktu 1 abad untuk membangun Tembok Besar India ini dan kemudian diperbesar pada abad ke-19 masehi.

4. Israel West Bank Barrier


Tembok Tepi Barat Israel

Tembok Tepi Barat Israel adalah tembok pemisah yang di bangun oleh pemerintahan Israel sepanjang 700 km (430 mil) di tepi barat Israel. Tembok ini dibangun sebagai penghalang garis genjatan senjata antara Israel dan tepi barat Palestina.

5. The Great Wall of Cina (Tembok Besar Cina)


Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina di bangun pada abad ke-7 sebagai benteng pertahanan di perbatasan Cina Utara. Selama beberapa abad, tembok dan ribuan struktur pendukung dibangun sepanjang pegunungan, gurun, dan sungai sepanjang 20.000 km. Saat ini pada bagian tembok di sekitar kota-kota besar terawat dengan baik, tapi pada bagian kota-kota kecil mulai banyak yang lapuk karena dipengaruhi oleh alam.
Tembok Besar Cina dianggap sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Dunia dan pada tahun 1987 Tembok Besar Cina dimasukan dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. The Berlin Wall (Tembok Berlin)

Tembok Berlin
Tembok Berlin adalah pembagian fisik antara Jerman Barat dengan Jerman Timur dan juga sebagai simbol antara demokrasi dan komunisme antara perang dingin. Tembok berlin ini didirikan di tengah malam selama 28 tahun secara terus menerus karena banyak warga Jerman Timur banyak yang melarikan diri ke Jerman Barat.

7. Wall of Constantinople (Turki)


Tembok Konstatinopel

Tembok Constantinople adalah serangkaian tembok batu defensif yang mengelilingi dan melindungi kota Konstantinopel (sekarang Istambul, Turki) sejak pendiriannya sebagai ibukota Kekaisaran Romawi Timur oleh Konstatinus Agung. Dengan penambahan dan modifikasi selama sejarah mereka. 

Tembok ini adalah sistem fortifikasi besar terakhir dari Zaman Kuno dan salah satu sistem yang paling lengkap dan rumit yang pernah di bangun. 

Pada awalnya tembok yang dibangun oleh Konstatinus Agung mengelilingi seluruh kota, Melindungi segala serangan dari darat, laut. Sebagai kota yang sedang berkembang, Garis Ganda yang sangat terkenal dengan sebutan "Walls Theodosian" dibangun pada abad ke-5. Meskipun bagian lain dari tembok ini kurang rumit, tembok ini hampir tak bisa ditembus oleh musuh pada abad pertengahan dan oleh Kekaisaran Bizantium selama pengepungan dari Avar, Arab, Rus dan Bulgar. Munculnya Meriam Mesiu menyebabkan jatuhnya Tembok Konstatinopel ke Ottonam pada tahun 1458 masehi setelah dilakukan pengepungan berkepanjangan.

Tembok ini dipertahankan selama kekuasaan Kekaisaran Ottoman sampai mulai di bongkar pada abad ke-19. Meskipun kurangnya perawatan, sebagian dari Tembok Konstantinopel masih berdiri hingga saat ini. 

8. Cowny Town Walls


Tembok Besar Cowny

Kota Dinding Conwy adalah struktur pertahanan abad pertengahan di sekitar kota Cowny, Wales Utara. Tembok yang dibangun antara tahun 1283 sampai 1287 masehi setelah berdirinya kota Conwy oleh Raja Edward I. Tembok ini dirancang dan dibuat untuk membuat sebuah sistem yang terintregrasi sebagai tempat pertahanan bersama dengan Kastil Cowny. Tembok sepanjang 1,3 kilometer yang meliputi 21 menara dan 13 pos penjagaan.
Proyek ini dibuat dengan menggunakan buruh yang sebagian besar di datangkan dari Inggris dan menghabiskan dana sekitar  £ 15.000, jumlah yang sangat besar pada saat itu. 
Saat ini Cowny Town Walls merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.
Nah itulah Delapan Tembok Besar di Dunia yang sangat menakjubkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang sejarah masa lalu terutama tentang Tembok Besar yang dibangun pada zaman dahulu.   
   
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook