PESONA DANAU SENTANI DI PAPUA

Pesona Danau Sentani Di Papua  


Danau Sentani, Papua

Mahessa83-Danau Sentani adalah sebuah objek wisata yang terletak di Papua, Indonesia yang berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops seluas 245.000 hektar ini terbentang antara kota Jayapura dengan Kabupaten Jayapura, Danau Sentani sendiri memiliki luas 9.360 hektar yang berada pada ketinggian 75 mdpl yang juga merupakan danau terbesar di Pulau Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi keindahan danau. Arti kata Sentani berarti 'disini kami tinggal dengan damai" yang pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris diwilayah sekitar danau pada tahun 1898.

Danau yang hanya berjarak 50 km dari kota Jayapura ini sekarang dijadikan sebagai objek pariwisata. Pada danau ini juga sudah dilengkapi dengan Perahu Pariwisata untuk berkeliling di Danau Sentani bagi para wisatawan yang datang.

Festival Danau Sentani

Oleh pemerintah setempat, di danau ini juga sering diadakan Festival Danau Sentani setiap tahunnya untuk menarik para wisatawan datang ke Danau Sentani. Pada festival ini akan di isi dengan tari-tarian adat dam musik tradisional di atas perahu, tarian perang khas Papua, Upacara Adat seperti Penobatan Ondoafi, kerajinan rakyat meliputi pameran benda-benda budaya, kerjinan batu cycloops, literatur budaya, hasil-hasil pembangunan dan berbagai macam sajian kuliner khas Negri Papua.

Pada tahun 2015 ini, Festival Danau Sentani telah diselenggarakan pada 19-23 Juni 2015 lalu dengan pusat kemeriahannya berlangsung di Dermaga Sentani, Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua, Indonesia.

Dilansir dari Indonesia Travel, tahun 2015 ini Festival Danau Sentani mengangkat tema "Budayaku Sejahteraku" yang merupakan ekspresi dari kecintaan terhadap sesama manusia melalui budaya yang sekaligus bertujuan untuk mempromosikan potensi seni budaya dan objek wisata, pelestarian seni dan budaya, menggerakan perekonomian daerah serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Jayapura.    

Ikan Hiu Gergaji Danau Sentani

Di danau Sentani ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan 4 diantaranya adalah spesies endemik Danau Sentani seperti Ikan Gabus Danau Sentani (oxyeleotris heterodon), Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus) dan Hiu Gergaji ( Pristis microdon).

Danau Sentani yang kaya akan berbagai macam biota laut ini sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar,

Di Danau Sentani, para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas berenang, bersampan, memancing, menyelam, ski air serta wisata kuliner.  


Sumber:wikipedia   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook