PENEMUAN 22 KAPAL KUNO DI KEPULAUAN FAOMI, YUNANI

Penemuan 22 Kapal Kuno Di Kepulauan Faomi. Yunani  


Penemuan 22 Kapal Kuno Di Kepulauan Faomi. Yunani

Mahessa83-Tim arkeolog kelautan berhasil menemukan kapal kuno yang karam di Kepulauan Faomi, Yunani yang berbatasan dengan Turki di laut Aegean Timur. Para penyelam dibantu oleh nelayan setempat melihat tumpukan tembikar kuno yang diselimuti ganggang di dasar laut. Setelah diselidiki ternyata temuan ini jauh melebihi harapan.

Selama ekspedisi ini, tim berhasil menemukan sisa-sisa kapal kuno dari Zaman Romawi yang penuh dengan rumput laut di perairan dangkal. Pada siang hari, tim penyelam berhasil menemukan 9 kapal kuno yang karam di perairan ini. Keesokan harinya mereka menemukan 6 kapal kuno lainnya. Dan dalam jangka waktu 13 hari penelitian, para arkeolog berhasil menemukan 22 kapal kuno yang karam di perairan ini yang diperkirakan berusia 2.500 tahun dan belum pernah didokumentasikan secara ilmiah sebelumnya.

Penemuan 22 Kapal Kuno Di Kepulauan Faomi. Yunani
Banyaknya kapal kuno karam yang tersebunyi disekitar Faomi yaitu terletak antara pulau Samos dan Icaria tidak ada yang menduga sebelumnya. Kapal kuno yang berasal dari periode Archaic (700-480 SM) pada kedalaman 55 meter. Sebelumnya, 189 bangkai kapal kuno telah ditemukan diseluruh perairan Yunani.

Meskipun Faomi tidak memiliki kota-kora besar, tetapi pada era dunia kuno tempat ini sangat terkenal sebagai tempat penyeberangan baik dari timur ke barat maupun dari utara ke selatan. Sumber Romawi awal Imperial mengatakan bahwa Faomi sangat makmur, memiliki populasi yang kuat dan memiliki tambang marmer kata Koutsouflakis. 

"Dengan periode Romawi akhir, kita tidak benar-benar tahu apa-apa tentang pulau itu kata Koutsouflakis. Faomi hampir tidak disebutkan dalam sumber-sumber saat itu. Anda melihat bahwa bangkai kapal memberi cerita kepada kita, Pulau ini sangat penting sebagai tempat pelabuhan pada saat itu.

Penemuan 22 Kapal Kuno Di Kepulauan Faomi. Yunani

Komponen utama bangkai kapal yang terbuat dari kayu tidak mungkin bertahan selama berabad-abad di dalam laut. Kecuali karam dilumpur tanpa oksigen untuk bahan bakar dekomposisi. Sejauh ini bangkai kapal yang telah ditemukan disekitar Faomi menanggung beberapa jejak pembuluh sendiri. Sebaliknya para penyelam mendekomentasikan tumpukan berantakan barang yang hilang. Sebagian besar adalah kapal transportasiseperti amphoras yang tenggelam dengan kapal mereka dekat dengan tebing di pantai Faomi ini. 

Para peneliti mengatakan bahwa dari 22 kapal kuno yang baru ditemukan ini, tiga diantaranya memiliki kargo yang unik yang belum pernah dilihat sebelumnya. kapal kuno ini digunakan untuk mengirim barang-barang mewah ke Mediterania. Harta dari Archaic di Samos terdekat yang mungkin menuju Siprus. Sekelompok besar Amphoras abad kedua masehi dari wilayah Laut Hitam atau Amphoras yang berasal dari Sinop di pantai laut hitam Turki.

Penemuan 22 Kapal Kuno Di Kepulauan Faomi. Yunani
Koutsouflakis dan Campbell berniat untuk kembali ke Faomi lagi dengan membawa robot bawah air dan teknologi canggih lainnya untuk mencari bangkai kapal sebelum mereka melakukan penggalian di dalam laut.  Untuk saat ini mereka telah mengambil contoh artefak darat untuk di analisis di laboratorium di Athena, Yunani.  








sumber:LiveScience

         
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook