FAKTA MENARIK TENTANG CAHAYA UTARA

Fakta Menarik Tentang Cahaya Utara  

 
Aurora atau cahaya utara


Mahessa83-Cahaya Utara atau Aurora Borealis adalah cahaya terang yang menyilaukan di atas langit yang terjadi akibat bertabraknya partikel gas di langit. Cahaya Utara ini dapat di lihat dari semua tempat di bumi tetapi hampir setiap malam terlihat di belahan Kutub Utara. Sedangkan di Kutub Selatan terdapat cahaya tersendiri yang di sebut Aurora Australis.   

Aurora ini terjadi ketika partikel bermuatan listrik dari angin matahari berineraksi dengan medan magnet bumi (pada ketinggian di atas 80 km). Selama terjadi Badai Matahari yang intens Cahaya Utara menjadi lebih spektakuler dan kadang-kadang terlihat sangat jauh hingga selatan Texas.

Warna-warna yang terdapat pada Aurora disebabkan ketika partikel oksigen dan nitrogen bercampur dengan partikel bermuatan listrik di atmosfer. Warna-warna ini akan terlihat tergantung dengan apa gas yang terlibat dan berapa tinggi reaksi berlangsung di ionosfer.

Oksigen Biasa

Oksigen biasanya menyebabkan tampilan warna hijau atau merah kecoklatan.
Nitrogen menyebabkan warna biru atau merah
Helium menghasilkan warna biru atau ungu
Ketinggian Aurora ini bisa mencapai ketinggian 1000 km meskipun sebagian besar adalah 80-120 km.

Aurora telah menjadi keajaiban alam selama ribuan tahun. Gambar Aurora bahkan telah terlihat di Lukisan Gua Kuno di Perancis. Kesempatan untuk melihat Aurora atau Cahaya Utara ini biasanya terjadi antara bulan Maret hingga April dan antara September hingga bulan Oktober atau kapan saja selama ada Badai Matahari.

Aurora juga dapat menimbulkan gangguan pada aktivitas di bumi. Aktivitas badai yang kuat pada matahari dan peningkatan partikel bermuatan listrik berinteraksi dengan medan magnet bumi dapat mengganggu jaringan listrik, komunikasi satelit bahkan komunikasi pada radio. 


sumber:LiveScience
  

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook