FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG MATAHARI


Matahari

Mahessa83-Matahari adalah jantung dari sistim tata surya kita yang memberikan kehangatan dan cahaya yang diperlukan untuk kehidupan di Bumi. Pembentukan matahari terjadi sekitar 4,6 milair tahun yang lalu dan ini merupakan salah satu bintang di galaksi kita yang paling muda. Para ilmuwan berteori bahwa semuanya di mulai dari awan gas panas raksasa dan debu yang kental menjadi bola gas padat yang mulai menghasilkan sejumlah besar energi melalui fusi nuklir.

Pada intinya tekanan gravitasi yang sangat besar menyebabkan suhu mencapai lebih dari 27 juta derajad F (15 juta derajad celsius). Plasma bergerak naik ke permukaan matahari dan memancarkan panas di kulit luar yang disebut fotosfer pada kira-kira 10.000 derajad  F (5.500 derajad celsius).

Berikut beberapa fakta menarik tentang Matahari yang perlu Anda ketahui.

- Sekitar 72 persen dari gas di bawah sinar matahari adalah Hydrogen dan sisanya adalah Helium dengan elemen oksigen, karbon, neon, nitrogen, magnesium, besi dan silikon. Para ilmuwan telah mencatat terdapat 72 elemen pada Matahari.

- Dekat Atmosfer, energi dari ini Matahari perjalanan ke fotosfer dimana itu dikenal sebagai Sinar Matahari.

- Cahaya kemerahan pada tingkat berikutnya yaitu Kromosfer dapat di lihat saat Gerhana Matahari Total terjadi. Korona adalah lapisan ketiga yang muncul berwarna putih yang menyilaukan dari gas terionisasi yang mengalir ke luar ke ruang angkasa.

- Sinar matahari hanya membutuhkan waktu 8 menit untuk mencapai bumi yang berjarak 92.955. 807 mil (149.597.871 km).

Karena Bumi mengorbit Matahari dalam jalur berbentuk oval dengan jarak bervariasi dari 91 juta mil (146 juta km) menjadi 94,5 mil (152 juta km) sepanjang tahun.

Evolusi matahari telah mengambil miliaran tahun dan para ilmuwan mengatakan bahwa bintang itu ada miliaran lebih. Para astronom mencari Matahari yang cerah dan kita mulai perlahan menggunakan bahan bakar dari Hydrogen. Membesar menjadi raksasa merah yang akan menelan bumi dan kemudian merubah menjadi bintang kecil.   


Sumber:LiveScience   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook