7 PENERIMA HADIAH NOBEL DI BIDANG KEDOKTERAN

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

7 Penerima Hadiah Nobel Di Bidang Kedokteran  


Mahessa83-Dari struktur DNA sampai proses vertifilasi in vitro, Serangkaian penemuan dan inovasi dalam bidang Biologi telah banyak mendapatkan penghargaan ilmiah. Sejak berdirinya Hadiah Nobel pada tahun 1901, Komite Nobel telah memberikan 104 penemuan obat baru untuk 204 orang. Berikut 7 Hadiah Nobel Di Bidang Kedokteran seperti dilansir dari LiveScience.

1. Transportasi Sel


Transportasi Sel

Ilmuwan Amerika Serikat James Rotham dari Yale University dan Randy W. Schekman dari University of California, Barkeley bersama dengan ilmuwan kelahiran Jerman Thomas Sudhof dari Standford University menerima Hadiah Nobel atas penemuannya tentang prinsip-prinsip molekul yang mengatur bagaimana molekul seperti Hormon Insulin tiba diwaktu yang tepat pada saat yang tepat. 

2. Pengobatan Difteri dan Tetanus


Pengobatan Difteri dan Tetanus

Hadiah Nobel diberikan pertama kali pada tahun 1901 dalam bidang kedokteran oleh Peneliti Jerman Emil von Behring untuk penemuanya tentang terapi serum. Terapi Serum adalah suatu metode pengobatan penyakit dengan serum darah hewan untuk kekebalan suntikan. Secara khusus terapi serum ini untuk mengobati penyakit difteri pernafasan dan sistem infeksi tetanus pada saraf. "Dia telah membuka jalan baru bagi ilmu  kedokteran dan dengan demikian senjata dokter akan menang melawan penyakit dan kematian", kata panitia pada saat itu.

3. Penisilin


Penisilin

Beberapa kemajuan telah merevolusi di bidang kedokteran dari mulai penemuan Alexander Fleming tentang antibiotik alami pertama penisilin pada tahun 1928. Hadiah Nobel diberikan kepada Ahli Biologi asal Skotlandia Fleming bersama dengan ahli Biokimia asal Inggris Ernst Chain dan Ahli Patologi Australia Sir Howard Walter Florey di tahun 1945 untuk penemuan antibiotik. Penisilin ini berasal dari Jamur Penicillium. Penisilin memperlakukan sejumlah infeksi bakteri sehingga dapat menyelamatkan tentara yang terluka yang tak terhitung jumlahnya pada Perang Dunia II.

4. Spiral Ganda


Spiral Ganda

James Watson, Francis Crick, Maurice Wilkins memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1962 untuk penemuan mereka tentang struktur dan pentingnya asam deoksiribonukleat yang lebih dikenal dengan sebutan DNA. Rosalin Franklin yang dengan X-ray kristalografi memainkan peran kunci dalam memecahkan struktur DNA (meninggal pada tahun 1958, dan tidak dianugerahi Hadiah Nobel, karena aturan Nobel yang melarang memberikan penghargaan kepada orang yang telah meninggal).

5. Transposon Genetik


Transposon Genetik

Barbara McClintock menerima Hadiah Nobel pada tahun 1983 untuk penemuannya tentang Transposon Genetik yaitu urutan DNA yang dapat merubah posisi mereka dalam genom. Barbara adalah salah satu dari 10 Wanita Pemenang Nobel. Termasuk Gerty Cori yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1947 untuk penemuan bagaimana tubuh rusak dan kembali menciptakan energi untuk menyimpan gula glikogen serta Elizabeth Blacknurn dan Carol Greider pada tahun 2009yang menemukan bagaimana DNA yang berulang berurutan yang disebut telomere dan enzim telemerase melindungi kromoson dari kerusakan.

6.  Pengobatan TB


Pengobatan TB

Pada tahun 1952, Hadiah Nobel diberikan kepada Selman Waksman yang telah menemukan streptomisin, Antibiotik pertama untuk TB. Keputusan ini sempat mendapatkan protes karena Albert Schatz, rekan penemu antibiotiknya tidak termasuk dalam penerima Hadiah Nobel. Kemudian Schatz menggugat Waksman untuk menerima hak paten dari penemuannya tetapi tidak pernah menerima Hadiah Nobel.

7. Bayi Tabung


Bayi Tabung

Pada tahun 2010, ahli fisiologi Inggris bernama Robert Edwards mengembangkan fertilisasi in vitro (IVF) yaitu proses pemupukan telur manusia diluar tubuh. Teknik ini melibatkan pemantauan siklus reproduksi wanita, menghilangkan telur dari ovarium, dan memupukan mereka dengan sperma di tabung laboratorium serta menanamkan telur untuk dibuahi ke dalam rahim manusia. Louis Brown yang lahir pada tahun 1978 di Inggris, adalah Bayi Tabung pertama yang dikandung menggunakan IVF.

Nah itulah 7 Penerima Hadiah Nobel Di Bidang Kedokteran yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dalam bidang ilmu pengetahuan.

    

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "7 PENERIMA HADIAH NOBEL DI BIDANG KEDOKTERAN"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.