BANGKAI KAPAL ANTIKYTHERA MENGHASILKAN HARTA KARUN YUNANI KUNO


Seorang arkeolog berenang di reruntuhan kapal karam

Mahessa83-Sebuah kursi dari perunggu sisa-sisa tahta kuno dan sepotong papan permainan dari Yunani baru-baru ini telah ditemukan di Situs Antikythera, sebuah kapal karam yang sangat terkenal.

Kapal yang berasal dari tahun 65 SM dari Yunani itu telah ditemukan pertama kali pada tahun 1900 oleh nelayan bunga karang dan terus diselidiki hingga sekarang.

Tahun ini para arkeolog telah menemukan sebuah bejana utuh (wadah vaselike), kendi kecil serta batu pahat persegi panjang. Mereka juga menemukan pecahan keramik, sepotong seruling tulang dan sepotong kaca rusak, besi serta perunggu. Sebuah bagian dari furnitur perunggu yang mungkin digunakan sebagai lengan singgasana menurut Woods Hold Oceanographic Institution (WHOI).

Penemuan kapal karam Antikythera pertama kali ditemukan oleh penyelam bunga karang untuk menelusuri bangkai kapal pada tahun 1900. Penyelam Ilias Stadiatis berhasil membawa lengan perunggu dari patung dikedalaman 50 meter ke permukaan. Sehingga Pemerintah Yunani cepat-cepat mengirimkan bantuan Penyelam Angkatan Lautnya ke daerah tersebut. Mereka berhasil menemukan 36 patung marmer berbentuk pahlawan dan dewa bersama dengan barang-barang mewah lainnya serta kerangka para awak dan para penumpang. 

Pada tahun 1901, para penyelam berhasil menemukan kalender astronomi yang sangat luar biasa. Kalender Mekanik Antikythera yang bisa menentukan benda-benda langit seperti Merkurius, Venus dan Mars. Ini adalah sebuah penemuan yang sangat lengkap yang pernah ditemukan, menurut Kementrian Kebudayaan Dan Olahraga, Yunani.

Penggalian artefak di kapal karam antikythera
Sejak tahun 2014, Kementrian Kebudayaan Dan Olahraga Yunani bersama dengan WHOI bekerjaama dalam sebuah proyek jangka panjang di situs ini. Para arkeolog melakukan penggalianilmiah secara modern dari bangkai kapal, Menciptakan pemetaan 3 dimensi.

Tahun ini para arkeolog sudah melakukan 40 jam penyelaman di tengah reruntuhan bangkai kapal. Seiring dengan pekerjaan mereka, para arkeolog juga sudah menemukan cincin dan 2 buah jangkar, lambung kapal dan kayu dari kapal itu sendiri.

"Kami sangat beruntung tahun ini, banyak temuan dalam penggalian ini. yang memberi kami kesempatan penuh dari semua informasi arkeologis yang bisa kita dapatkan", jelas penyelam  arkeologi Theotokis Theodoulou, Kementrian Kebudayaan dan Olahraga Yunani dalam sebuah pernyataannya di WHOI.

Artefak Tambang Emas

Para arkeolog yang menggunakan pemetaan 3D sebagai panduan untuk mengoperasikan kendaraan jarak jauhdi area seluas 40 x 50 meter yang mencermimkan ukuran kapal yang cukup besar. Para peneliti juga menggunakan pengeruk kapal selam dan pompa untuk menggali parit disekitar kapal. Cara ini berhasil menemukan 50 artefak lagi ke permukaan.

Saat ini, para peneliti sedang mempelajari benda-benda ini seperti isi guci keramik untuk menganalisis DNA dan untuk mengetahui jenis makanan, minuman atau parfum yang ada di dalamnya. Mereka juga akan berencana menganalisis objek.  


Sumber:LiveScience
         
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook