MANFAAT KAKTUS BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


Manfaat Kaktus Bagi Kehidupan Manusia

Mahessa83-Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tumbuhan ini dapat bertahan lama hidup tanpa air. Tanaman kaktus biasa kita temui pada daerah-daerah panas dan kering seperti gurun. Kaktus memiliki akar yang panjang yang berguna untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang di serap oleh kaktus dapat disimpan dalam ruang dibatangnya. Kaktus juga memiliki daun yang dapat berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh karena itu kaktus dapat tumbuh dalam waktu yang lama tanpa air.

Tanaman yang bentuknya cukup unik dan berduri ini ternyata banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut Manfaat Kaktus Bagi Kehidupan Manusia yang dapat kami rangkum dibawah ini. 

1. Kaktus Sebagai Sumber Makanan


Manfaat Kaktus Bagi Kehidupan Manusia

Banyak dari suku-suku di dunia memanfaatkan kaktus sebagai bahan makanan. Diantaranya suku Indian dan suku-suku di Meksico. Mereka biasa menggunakan kaktus sebagai bahan pembuat sup, salad. Biasanya jenis Kaktus yang bisa dimakan adalah jenis Nopale.

Banyak dari penduduk Meksiko menjadikan Kaktus Nopale sebagai bahan makanan mereka. Pilihan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab kaktus memiliki banyak khasiat yang ternyata baik untuk tubuh manusia.

2. Kaktus Sebagai Sumber Pengobatan


Di banyak suku pedalaman, kaktus digunakan sebagai bahan pengobatan. Selama ribuan tahun mereka menggunakan kaktus sebagai obat gatal-gatal dan juga pemebengkakan akibat gigitan serangga.

Kaktus juga banyak mengandung serat yang sangat bagus untuk sistim pencernaan tubuh. Daging buah kaktus atau prickly pear cartus juga dapat menurunkan kadar gula darah jika di konsumsi sebanyak 150 gram rebusan kaktus perhari. Karena pada daging buah kaktus memiliki komponen yang mirip dengan insulin.   

3. Kaktus Sebagai Perawatan Kulit


Kaktus juga dapat merawat dan melindungi kulit dari iritasi. Kaktus merupakan peningkat imunitas yang tidak mempunyai efek samping. Jus kaktus dapat meremajakan kulit, menyegarkan dan enak diminum. Kaktus mengandung nutrisi kulit seperti tiamin, riboflavon, vitamin A, D dan B12 agar kulit halus. Dengan kandungan antioksidan lebih tinggi 7 kali dari vitamin C kaktus ampuh menangkal tanda penuaan dan meningkatkan keelastisitasan kulit, mencerahkan dan merevitalisasi kulit. 

4. Kaktus Sebagai Penawar Racun


Kaktus juga dipercaya sebagai penawar racun. Kandungan zat mucilage pada tanaman kaktus ternyata dapat membersihkan air dari racun jenis arsenic. 

5. Kaktus Sebagai Tanaman Hias


Manfaat Kaktus Bagi Kehidupan Manusia

Walaupun bentuknya yang agak menyeramkan, Namun tanaman kaktus telah mempunyai fans tersendiri di dunia. Bahkan tak jarang kaktus yang memiliki bentuk yang unik dihargai dengan harga yang relatif mahal hingga miliaran rupiah. 

Nah itulah Manfaat Kaktus Bagi Kehidupan Manusia. Walaupun bentuknya menyeramkan dipenuhi oleh banyak duri, Namun Tanaman Kaktus sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook