10 FAKTA UNIK LEBARAN DI INDONESIA

10 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia



10 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia

Mahessa83-Tak terasa sebentar lagi ummat Islam di Indonesia akan segera menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran setelah selama sebulan penuh menjalani Ibadah Puasa. Namun tahukah Anda bahwa Menyambut Lebaran di Indonesia memiliki fakta-fakta yang unik dan menarik untuk diketahui seperti pada 10 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia dibawah ini,

1. Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya. Namun di Indonesia pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri selalu berbeda-beda antara golongan yang satu dengan golongan lainnya.

2. Pakaian Baru, Merupakan simbol kemenangan atas kembalinya hati menjadi fitri (bersih) Lebaran di Indonesia sangat identik dengan membeli pakaian baru atau sepatu baru.

3.Tunjangan Hari Raya (THR), Biasanya di berikan kepada anak anak kecil, ketika bersilaturahmi (halal bi halal) dengan tetangga atau saudaranya dan biasanya juga di lakukan oleh perusahaan dengan memberikan tunjangan tersebut kepada karyawannya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri (pelaksanaan dan tata caranya sudah di atur oleh pemerintah).

4. Selama lebaran social media kebanjiran ucapan selamat hari raya idul fitri mengalahkan di dunia nyata.

5. Malam Takbiran selalu di isi dengan keliling kota atau keliling kampung.

6. Lebaran di Indonesia menjadi Tradisi Mudik atau Pulang Kampung.

7. Bermaaf-maafan menjadi tradisi lebaran di Indonesia, Walaupun tidak ada dalil khusus yang menunjukkan bahwa Rasulullah SAW melakukan saling bermaafan di hari lebaran. 

8. Ketupat Lebaran menjadi ikon khusus di Hari Lebaran.

9. Main Meriam dan Petasan, Dibanyak tempat terutama di kampung-kampung, mainan meriam bambu sangat di sukai orang sebagai tanda perayaan hari raya. Biasanya kegiatan ini dibarengi dengan main petasan sejak awal puasa sampai berakhirnya Hari Lebaran.

10. Ziarah Kubur, Merupakan tradisi yang sudah mengakar daging bagi Rakyat Indonesia selepas Sholat Idul Fitri untuk pergi Ziarah Kubur. Mendoakan para leluhur dan kelaurga yang sudah wafat.  

Nah itulah 10 Fakta Unik Lebaran Di Indonesia yang sangat berbeda dengan negara-negara Islam lainnya di dunia. 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook