GERHANA MATAHARI TOTAL DAPAT DILIHAT SECARA ONLINES

Gerhana Matahari Total Dapat Dilihat Secara Onlines


Gerhana, Matahari, Total, Dapat, Dilihat, Secara, Onlines
Gambar ini menunjukkan gerhana matahari total pada 11 Juli 2010. Pandangan ditangkap oleh Imelda Joson dan Edwin Aguirre dari Tatakoto Atoll di Polinesia Perancis Tuamotu Archipelago. Akan ada gerhana matahari total yang lain pada tanggal 20 Maret 2015.

- Pada hari Jum'at, 20 Maret 2015 akan terjadi Gerhana Matahari Total yang hanya dapat dilihat dari Atlantik Utara dan Samudra Arktik dimulai dari ujung selatan Greenland kemudian melintasi timur laut hingga ke Islandia dan Inggris.

Pada Gerhana Matahari Total kali ini bulan akan terlihat gelap dan membuat bayangan kerucut seperti melengkung. Bayangan bulan akan melewati Kep. Faroe, Denmark dan Norwegia. Kemudian ia akan menuju barat laut dimana ia akan meninggalkan bumi di kutub utara.

Jika anda tidak mempunyai kesempatan untuk melihatnya secara langsung, Anda dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total Secara Online dalam Observatory Slooh Community yang akan menyiarkan pandangan langsung Gerhana Matahari Total ini melalui website slooh.com mulai pukul 04.30 EDT (08.30 GMT).

Anda juga dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total secara onlines melalui website space.com pada tanggal 20 Maret 2015, courtesy of Slooh the Virtual Telescope Project yang dimulai pada pukul 04.00 EDT (08.00 GMT). 

space.com akan melakukan siaran onlines di Pulau Faroes yaitu kelompok pulau yang terdiri dari 18 pulau besar dengan luas sekitar 540 mil persegi (1.400 kilometer persegi) dengan jumlah penduduk sekitar 50.000 orang. 

Titik Gerhana Matahari terbesar akan terjadi sekitar 162 mil (260 Km) utara dari Faroes di laut Norwegia.  Gerhana Total kali ini, bulan akan terlihat lonjong besar dalam kegelapan berukuran lebar sekitar 288 mil (463 Km) dengan panjang 93 mil (150 Km).

Dimensi yang tidak biasa dapat dikaitkan sebagian fakta bahwa sekitar 13,5 jam sebelumnya Bulan akan dalam orbitnya paling dekat dengan Bumi 222.192 mil (357.584 Km) jauhnya. Dan karena bayangan yang akan lewat di Kutub Utara Bumi pada sudut yang sangat miring. Sehingga akan terlihat seperti bulat panjang.

Sekitar setengah jam meninggalkan Faroes bayangan berikutnya akan menuju Svalbard, Norwegia di Samudra ArktikTerletak di utara daratan Eropa, itu adalah tentang antara benua Norwegia dan Kutub Utara. Pulau terbesar adalah Spitsbergen, diikuti oleh Nordaustlandet dan Edgeøya. Selain stasiun penelitian yang terletak di Alert, Nunavut dan Nord, Greenland, Svalbard adalah tempat paling utara di dunia dengan populasi permanen. Berdasarkan sensus terbaru, hanya 2.642 orang tinggal di sana. 

Inilah Hasil Rekaman Video Gerhana Matahari Total Pada Jum'at 20 Maret 2015


Sumber: discovery.com
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook