SEBUAH BINTANG ASING MENDEKATI TATA SURYA PADA JARAK 20 TAHUN CAHAYA


Sebuah, Bintang, Asing, Mendekati, Tata, Surya, pada, jarak, 20, Tahun, Cahaya
Bintang Scholz  - saat ini berada di 20 tahun cahaya dari matahari.

- Sebuah Bintang Asing Mendekatai Tata Surya Kita pada jarak 20 tahun cahaya dari Matahari.. Tidak ada bintang lain diketahui pernah mendekati tata surya kita sedakat ini. Lima kali lebih dekat daripada bintang terdekat saat ini Proxima Centauri seperti yang dikatakan tim peneliti dari Amerika Serikat, Eropa dan Amerika Selatan.

Pengamatam Bintang Redup ini menunjukan bahwa 70.000 tahun yang lalu pernah menusup ke tata surya dalam waktu 0,8 tahun cahaya dari matahari. Sebagai perbandingan Bintang Proxima Centauri mendekati matahari pada jarak 4,2 tahun cahaya.

Objek Katai Merah yang lebih dikenal sebagai bintang Scholz melaju hingga mencapai bagian luar tata surya kita sebuah daerah yang dikenal sebagai Awan Oort.

Bintang Scholz ini tidak sendirian. Ia didampingi oleh sebuah objek yang dikenal sebagai katai coklat yang tidak mempunyai massa yang diperlukan untuk mendapatkan fusi dari inti mereka.

Sebuah, Bintang, Asing, Mendekati, Tata, Surya, pada-jarak, 20, Tahun, Cahaya
Awan Oort dalam perspektif: 1 Unit Astronomi (AU) merupakan jarak dari Bumi ke Matahari

Dengan menggunakan Spektrograf dan Teleskop besar di Afrika Selatan dan Chile para peneliti mampu menghitung waktu dan kecepatan bintang asing tersebut.

"Saat ini bintang itu berada pada 20 tahun cahaya," kata Eric Mamajek dari University of Rochester di New York.

Sampai saat ini bintang asing yang berada dekat lintasan tata surya adalah "Bintang Nakal" HIP85605 yang mendekati tata surya kita di 240.000 - 470.000 tahun dari sekarang.

Sumber: bbc.com
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook