APAKAH ANAK ANDA HARUS MINUM SUSU SETIAP HARI?

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Apakah Anak Anda Harus Minum Susu Setiap Hari?


Apakah, Anak, Anda, Harus, Minum, Susu, Setiap, Hari?

Kita sering mendengar adanya slogan-slogan tentang susu yang akan menjadikan tubuh menjadi baik dan membangun pertumbuhan tulang. Dan banyak pula orang yang mendengar slogan-slogan tersebut setelah dewasa dipaksa untuk minum beberapa gelas susu dengan alasan kesehatan.

Tapi apakah perlu anak-anak untuk mengkonsumsi susu?

Meskipun susu mengandung sumber protein yang baik seperti kalsium, dan vitamin D, Sumber makanan lain juga dapat menghasilkan nutrisi tersebut. Terlebih lagi dengan meminum susu dapat menghindari patah tulang dan minum terlalu banyak akan menyebabkan Amnemia dan dapat menyebabkan obesitas  

Seorang Profesor Nutrisi dari University of North Carolina di Asheville, Amerikat Serkat dr. Amy Lanou mengatakan " Apakah anak-anak benar-benar membutuhkan susu? tidak, tentu saja tidak. Karena kebanyakan manusia di dunia ini tidak minum susu setelah berhenti dari minum ASI. Namun mereka masih mendapatkan nutrisi yang cukup,"

Berikut kelebihan dan kekurangan manfaat minum susu,

Kelebihannya

Kebanyakan orang telah mendengar bahwa kalsium dalam susu membantu orang tumbuh tulang yang kuat. Susu juga diperkaya dengan vitamin D, bahan kimia biasanya disintesis oleh kulit ketika orang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, tetapi yang dapat sulit untuk mendapatkan dari diet, karena secara alami ditemukan dalam hanya beberapa makanan seperti ikan berlemak, kuning telur dan hati sapi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, penyakit di mana orang mengembangkan tulang bengkok dan melemah, dan juga telah dikaitkan dengan masalah lain, seperti penyakit otot dan saraf.

Dan susu merupakan sumber yang kaya protein dan kalori, yang penting untuk anak-anak tumbuh. Malnutrisi masih menjadi masalah, bahkan di antara anak-anak di negara maju. Picky eaters mungkin berjuang untuk mendapatkan cukup protein dan kalori dalam diet mereka, dan susu adalah, cara kaya nutrisi mudah untuk memberikan kalori, kata Dr Jonathon Maguire, seorang dokter anak di Rumah Sakit St Michael di Toronto.

Kesimpulannya

Kalsium dapat ditemukan di banyak sumber makanan lain selain susu, termasuk kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sayuran, kata Lanou.

Dan penelitian baru juga menimbulkan pertanyaan tentang gagasan bahwa susu benar-benar membuat tulang kuat. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di negara-negara dengan tingkat yang lebih rendah dari konsumsi susu memiliki tarif fraktur lebih rendah dibandingkan di negara-negara susu-minum. Secara umum, gagasan bahwa anak-anak membutuhkan tingkat yang sangat tinggi kalsium untuk menjaga tulang yang kuat dapat oversold, kata Lanou. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dampak dibuat pada tulang ketika anak-anak berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya adalah faktor utama dalam pertumbuhan tulang.

"Cara terbaik untuk anak-anak untuk merawat tulang adalah untuk pergi ke luar dan bermain," kata Lanou Live Science.

"Dan meskipun vitamin D tentu merupakan nutrisi penting, itu tidak terjadi secara alami dalam susu, sehingga makanan yang diperkaya seperti sereal sarapan, jus jeruk dan susu kedelai sama-sama sumber yang baik," kata Lanou. Jumlah protein dalam susu juga dapat ditemukan di banyak sumber-sumber lain, termasuk kacang-kacangan dan telur.
 

Kekurangannya

Tiga-perempat dari populasi dunia telah laktosa intoleransi atau tidak bisa nyaman mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. Kalsium juga dapat menghambat penyerapan zat besi, yang berarti minum terlalu banyak susu dapat menyebabkan anemia, Maguire mengatakan Live Science.

Minuman sarat kalori juga bisa mempromosikan obesitas. Sebuah Desember 2014 studi dalam Archives of Disease in Childhood menemukan bahwa anak-anak prasekolah yang minum tiga atau lebih porsi susu sehari yang lebih mungkin untuk menjadi lebih tinggi, tetapi juga lebih gemuk dan kelebihan berat badan. Whole, atau full-fat, susu memiliki tingkat tinggi lemak jenuh, yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan. Dan beberapa studi menunjukkan rendah lemak dan susu skim mungkin bukan jawaban, karena orang merasa kurang penuh setelah meminumnya.

Masalah lain adalah bahwa mengisi pada susu dapat berarti tidak makan makanan sehat lainnya di piring, dan ini dapat benar terutama anak-anak yang picky eaters.

"Jika Anda benar-benar memberi makan anak tiga porsi susu sapi, bagaimana mereka akan memiliki ruang untuk makanan sehat lainnya seperti yang sayuran, kacang-kacangan dan protein tanpa lemak?" Kata Lanou.

Manfaat kesehatan dari minum susu rasa bahkan lebih meragukan, kata Lanou.

"Sebuah kaca 8-ons susu cokelat rendah lemak memiliki jumlah kalori yang sama dari gula sebagai kaca 8-ons Coke atau Pepsi," kata Lanou. Ditambahkan gula telah terikat dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari obesitas sampai diabetes penyakit jantung.

Pada akhirnya, susu mungkin tidak super, tapi itu tidak memberikan nutrisi yang berharga yang dapat sulit untuk masuk ke anak-anak dengan cara lain, kata Maguire. Maguire telah menemukan bahwa anak-anak tampaknya memiliki toko besi yang baik dan tingkat vitamin D sekitar dua gelas sehari, yang merupakan rekomendasi saat ini dari American Academy of Pediatrics.

Tetapi jika seorang anak hanya membenci rasa atau mengalami kesulitan mencerna susu, orang tua tidak perlu mendorongnya. Sebaliknya, mereka dapat melayani makanan lain untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan nutrisi yang tepat, kata Maguire.


Sumber: LiveScience    






Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

1 Response to "APAKAH ANAK ANDA HARUS MINUM SUSU SETIAP HARI?"

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.