9 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG BUMI

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

9 Fakta Menakjubkan Tentang Bumi


- Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi juga kadang disebut dengan Dunia atau Planet Biru.

Bumi yang sudah terbentuk sekitar 4,5 milliar tahun yang lalu itu banyak menyimpan misteri yang menakjubkan seperti 9 Fakta Menakjubkan Tentang Bumi berikut ini,
1. Bumi Bukanlah Putaran

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Bumi adalah sebuah bola, namun karena adanya gaya gravitasi bumi tidak membentuk lingkaran secara sempurna. Bahkan banyak terdapat tonjolan di sekitar garis khatulistiwa. Radius Bumi adalah 3.949.99 mil. Sedangkan jari-jari khatulistiwa adalah 3.963.34 mil. 

2. Nama Bumi 

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Setiap nama planet dalam tata surya seringkali diambil darai bahasa Romawi atau Yunani. Kecuali planet Bumi yang berasal dari kata Anglo-Saxon Erda atau yang berarti tanah. Ironisnya planet ini berisi 71% air. Satu-satunya planet dalam tata surya yang memiliki cairan berharga ini. 

3. Bumi berputar 24 Jam sehari

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Banyak orang mengatakan tidak cukup waktu dalam sehari. Mereka benar karena bumi mengelilingi Matahari adalah 23 jam, 56 menit dan 4 detik. 

4. Bumi terdiri dari Lempeng Tektonik

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Para ilmuwan percaya bahwa bumi terdiri dari 7 Lempeng Teknonik (kerak bumi) yang selalu bergerak dengan arah yang berlawanan 4 inci setiap tahunnya. Ketika mereka saling bertemu maka terbentuklah gunung-gunung dan lembah-lembah. Pada situasi ini juga akan terjadi gempa bumi dan gunung meletus. Sisi baik dari kejadian ini adalah kehidupan manusia akan semakin berkembang karena pembaharuan dalam kehidupan yang dilakukan oleh alam.

5. Bumi memiliki Planet Kembar

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Para ilmuwan percaya bahwa sekitar 4533000000 tahun lalu bumi tidak sendirian dalam mengelilingi matahari. Bumi memiliki kembaran planet lainnya yang disebut "Theia" seukuran Planet Mars. Suatu saat Planet Theia menabrak bumi, sebagian planet itu terserap ke bumi dan sebagian lagi membentuk bulan. Mengapa para ilmuwan berpikir seperti itu? Karena bulan kita yang luar biasa besar itu memiliki isotop logam yang sama dengan yang ada di Bumi.

6. Misteri Bulan

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Bulan di tutupi oleh debu yang aneh seperti mesiu meskipun dari bahan yang berbeda. Juga tidak ada sisi gelap dari bulan, Gaya gravitasi bumi telah menyebabkan bulan berputar mengelilingi bumi setiap bulannya. Selain itu cukup kebetulan yang luar biasa  bahwa Matahari terjadi hanya menjadi 400 lebih besar dari bulan dan juga 400 lebih jauh dari bumi. Hal demikian menjadikan bumi dan bulan tampil dalam ukuran yang sama di langit.

7. Lautan

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Banyak yang kita ketahui tentang kehidupan Planet Mars dan Bulan. Tetapi kita tidak pernah tahu isi kedalaman laut yang sangat luas. Bahkan kurang dari 10% yang telah diekplorasi. Laut mengandung 97% air dari 99% luas laut. Sementara manusia baru mengindefikasikan 212.906 spesies di laut. Ada kemungkinan 25 juta spesies lagi yang belum kita ketahui.

8. Suhu Terdingin -128,6 F

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Antartika adalah suhu terdingin di Bumi dengan rata-rata  -100 F. Tempat terdingin yang pernah tercatat adalah di Station Vostok, Antartika pada tanggal 21 Juli 1983 dengan suhu 128,6 derajad F. Sedangkan tempat terpanas yang pernah di uji adalah di El Azizia, Libya pada 13 September 1922 dengan suhu 136 derajad F.

9. Titik Tertinggi Bumi bukan Gunung Everest

9, Fakta, Menakjubkan, Tentang, Bumi

Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 29.035 kaki diatas permukaan laut. Namun karena bumi itu bulat titik tertinggi di bumi adalah Gunung Chimborazo di Ekuador yanng hanya dengan tinggi 20.564 ft diatas permukaan laut. Hal ini terjadi karena benjolan Gunung Chimborazo secara teknis lebih jauh dari Pusat Bumi yaitu lebih tinggi 1,5 Kilometer dari Gunung Everest.

Nah itulah 9 Fakta Menakjubkan Tentang Bumi semoga uraian diatas dapat bermanfaat.

Sumber: oddees.com  

  

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "9 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG BUMI"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.