5 HAL YANG ANDA BELUM KETAHUI TENTANG LEONARDO DA VINCI


5, Hal, Yang, Anda, Belum, Ketahui, Tentang, Leonardo, Da, Vinci

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahui Leonardo Da Vinci, Seorang pelukis terkenal yang menghasilkan karya "Mona Lisa" yang sangat mempesona di dunia seni lukis. Tetapi kemungkinan masih sedikit orang yang mengetahui kehidupan pribadi dari seorang Leonardo Da Vinci.

5, Hal, Yang, Anda, Belum, Ketahui, Tentang, Leonardo, Da, Vinci

Semua sentimen pribadi ini membentuk dasar kepribadian dalam pikiran Leonardo. Seperti yang terlihat pada sebuah film baru mengenai Leonardo Da Vinci yang diperankan oleh Aktor Skotlandia, Peter Capaldi (yang juga memainkan The Doctor dalam versi baru dari serial TV "Doctor Who?")

Berikut beberapa fakta menarik tentang kehidupan Leonardo Da Vinci yang perlu Anda ketahui,

1. Leonardo Da Vinci seorang anak haram

Da Vinci yang lahir pada tahun 1452 di dekat Vinci yang sekarang wilayah Tuscany, Italia. Ayahnya yang bernama Messer Pierro Fruosino di Antonio da Vinci adalah seorang Notaris. Sedangkan ibunya Catherina adalah seorang petani lokal dan seorang budak yang dimiliki oleh Messer Pierro.

Orang tua da Vinci pernah menikah satu sama lainnya, Sewaktu kecil da Vinci ikut bersama ibunya kemudian ketika berusia 5 tahun ia ikut dengan ayahnya yang telah menikah lagi dengan wanita lain hingga dewasa.

Pada junal aris menunjukan bahwa ia tetap mengirim surat kepada ibunya. Tetapi tulisan-tulisannya lebih dekat hubungannya dengan ayahnya.

2. Leonardo Da Vinci tidak sekolah

Tidak seperti Seniman Rennaisance terkenal lainnya, Semua pengetahuan tentang membaca dan menulis diperoleh di rumahnya. 

Tumbuh di pedesaan Tuscany, da Vinci lebih banyak menghabisi kehidupannya di luar rumah dimana ia sangat mengagumi alam. Ia memiliki minat khusus dengan nuansa air serta gerakan burung pemangsa. Bahkan ingatannya yang palin tajam adalah bermimpi tatkala burung-burung pemangsa mendarat di wajahnya dan mendorong bulu ekornya diantara bibir-bibirnya.

Pada usia remaja Da Vinci dikirim orang tuanya ke Florence untuk belajar melukis kepada Andrea del Verrocchio. Dan rumor mengatakan setelah Da Vinci melukis "Baptisan Kritus" karena bakat Da Vinci yang sangat luar biasa akhirnya Verrocchio bersumpah untuk tidak melukis lagi.

3. Banyak dari karya-karyanya yang belum selesai

Leonardo Da Vinci adalah seorang pelukis yang terkenal sangat lamban. Banyak dari karya-karyanya yang belum selesai. Selain lukisan (sudah selesai) "Monalisa" yang sangat terkenal itu juga ada "The Virgin Child dengan St Anne" lukisan yang belum seslesai yang menggambarkan Perawan Maria, bayi Yesus dan Ibu Maria, St Anne yang kini berada di Louvre, Paris.

Ada juga "St Jerome di padang gurun" yang kini tergantung di salah satu museum di Vatikan. Lukisan ini menggambarkan pertapaan St. Jerome dan seekor Singa.

Mungkin salah satu karya lukisan Leonardo Da Vinci yang belum selesai adalah "The Adoration of the Magi" yang dibuat pada tahun 1481 yang di duga memiliki gambaran Da Vinci. Lukisan yang belum lengkap tersebut terpajang di Galeri Uffizi, Florencia, Italia sejak tahun 1670.

4. Hidupnya selalu diliputi kesedihan

Ketika Da Vinci berusia 24 tahun, Dia ditangkap bersama-sama dengan rekan-rekannya atas tuduhan Sodomi. Bila tidak ada saksi yang membelanya mungkin ia dan rekan-rekannya telah di hukum. ( dalam abad ke-15 di wilayah Florence, Sodomi adalah kejahatan yang harus di hukum mati).

Setelah kasus tersebut ia pergi meninggalkan Florence menuju ke Milan. 

5. Dia memiliki sisi Militan (garis keras)

Setelah sampai di Milan, Da Vinci membutuhkan biaya hidup baru, Hal pertama yang ia lakukan adalah mendekati Ludovico Sforza, Duke of Milan.

Dibawah Sforza, Da Vinci ditugaskan untuk membuat Patung Kuda Raksasa dari perunggu. Proyek ini belum selesai dan ia tinggalkan karena adanya penyerbuan Perancis ke Italia pada saat pergantian abad ke-15.

Tetapi ia tetap berkerja untuk Duke of Milan, Walaupun pembuatan Patung Kuda Raksasa gagal, Ia menawarkan diri lagi ke House of Sforza. Ia ditugaskan untuk membuat sketsa peralatan perang seperti meriam, mesin asap, jembatan portabledan bahkan kendaraan lapis baja.

Nah itulah 5 Hal Yang Anda Belum  Ketahui Tentang Leonardo Da Vinci. Semoga sekelumit tulisan ini dapat menambah wawasan Anda mengenai kepribadian Leonardo Da Vinci seorang Pelukis Rennisanse yang telah menghasilkan karya lukis "Mona Lisa".   


Sumber: LiveScience        

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook