APAKAH AURORA BOREALIS ATAU CAHAYA UTARA?



- Aurora Borealis secara resmi di kenal di belahan bumi utara. Cahaya Utara adalah fenomena alam yang menampilkan cahaya berwarna indah di atas bumi. 
 
Apakah, Aurora, Borealis, Atau, Cahaya, Utara?


Pada gambar diatas adalah sebuah photo Aurora Borealis yang diambil dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada 2 September 2014 lalu.

Aurora Borealis atau Cahaya Utara adalah peristiwa tabrakan antara partikel bermuatan listrik dari Matahari yang memasuki Atsmofir Bumi. Cahaya tersebut akan terlihat di atas kutub magnet dari belahan utara dan selatan bumi yang lebih dikenal dengan sebutan Aurora Borealis yang ada di utara dan Aurora Australis di bagian selatan.

Aurora akan muncul dengan berbagai variasi warna, meskipun warna hijau pucat dan merah muda adalah warna yang paling dominan, Nuansa merah, kuning, hijau, biru dan ungu juga seing muncul. Cahaya yang muncul juga terdiri dari berbagai variasi bentuk dari mulai berbentuk bercak atau awan yang tersebar, busur, tirai yang menyebar atau cahaya yang menembak menerangi langit dengan cahaya yang menakutkan.

Apa yang menyebabkan Aurora atau Cahaya Utara?

Apakah, Aurora, Borealis, Atau, Cahaya, Utara?
Aurora sebenarnya adalah hasil dari tabrakan antara partikel gas di atmosfer bumi dengan partikel yang datang dari matahari. Variasi warna yang disebabkan oleh jenis partikel gas yang bertabrakan yang di produksi oleh molekul oksigen yang terletak sekitar 60 Km di atas bumi.  Aurora berwarna warni tergantung dari ketinggian tinggi oksigen. Pada ketinggian 200 mil Nitrogen akan menghasilkan aurora berwarna biru atau merah keunguan.

Aurora pertama kali diduga terlihat sekitar tahun 1880. Berkat penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1950-an kita sekarang menjadi tahu bahwa elektron dan proton dari matahari yang sampai ke bumi pada "angin matahari".

Suhu diatas permukaan matahari adalah jutaan derajad celcius, Pada suhu ini tabrakan antara molekul gas sangat sering terjadi dan eksplosif. Elektron bebas dan proton yang dilemparkan dari atmosfer matahari dengan rotasi matahari dan melarikan diri melalui lubang di medan magnet. Blown ke bumi dengan angin surya, partikel bermuatan sebagian besar dibelokkan oleh medan magnet bumi. Namun, medan magnet bumi yang lemah di kedua kutub dan karena beberapa partikel memasuki atmosfer bumi dan berbenturan dengan partikel gas. Tabrakan ini memancarkan cahaya yang kita anggap sebagai lampu menari dari utara (dan selatan).

Di mana tempat terbaik untuk melihat Aurora?

Karena fenomena aurora sering terjadi pada daerah kutub magnet, Cahaya Utara akan sering terlihat di New Orleans pada bagian barat bumi. Sedangkan untuk wilayah timur tidak pernah bisa melihat fenomena ini. Tempat terbaik lainnya untuk melihat Aurora atau Cahaya Utara adalah di bagian utara Amerika, dibagian barat laut Kanada seperti di Yukon, Nunavut, Northwest Territories  dan Alaska. Aurora juga bisa dilihat dari Greenland dan Islandia, pantai utara Norwegia dan di atas perairan pesisir utara Siberia. Sedangkan Aurora Selatan tidak sering terlihat karena mereka terkonsentrasi di cincin di sekitar antartika dan Samudra Hindia bagian Selatan.

Kapan waktu terbaik untuk melihat Aurora atau Cahaya Utara ini?

Para peneliti juga menemukan bahwa aktifitas Aurora adalah siklik. Cahaya Utara akan memuncak penampilannya pada 11 tahun sekali. dan Puncaknya yang terjadi adalah pada tahun 2013 kemarin. Musim dingin di utara adalah saatnya musim yang baik untuk melihat Aurora. Periode panjang pada kegelapan dan frekwensi malam yang jelas akan memberikan banyak kesempatan untuk melihat penampakan Aurora di atas langit utara. 

Sejarah Aurora atau Cahaya Utara pada masa lampau

'Aurora borealis', lampu-lampu belahan bumi utara, berarti 'fajar utara'. 'Fajar selatan' 'Aurora australis' berarti. Dalam mitos Romawi, Aurora adalah dewi fajarBanyak kelompok budaya memiliki legenda tentang Aurora. Pada abad pertengahan, kejadian menampilkan aurora dilihat sebagai pertanda perang atau kelaparan. The Maori Selandia Baru berbagi keyakinan dengan banyak orang utara Eropa dan Amerika Utara bahwa Aurora adalah refleksi dari obor atau api unggun.

The Menominee Indian Wisconsin percaya bahwa Aurora menunjukkan lokasi manabai'wok (raksasa) yang merupakan roh dari pemburu besar dan nelayan. Inuit dari Alaska percaya bahwa Aurora roh binatang yang mereka diburu: segel, salmon, rusa dan ikan paus beluga. Penduduk asli lainnya percaya bahwa Aurora adalah roh orang-orang mereka.
 

Semoga Artikel tentang Aurora atau Cahaya Utara ini dapat bermanfaat.        

     
Sumber:
- discovery.com
- northernlightscentre.ca

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook