MISTERI SEPULUH KOTA KUNO YANG HILANG

Misteri Sepuluh Kota Kuno Yang Hilang


Dalam sejarah peradaban manusia, ada banyak sekali kota-kota kuno yang hilang secara misterius. Berbagai kota atau peradaban manusia itu sering kali dimunculkan dalam berbagai media.  Berikut ini adalah sepuluh kota kuno paling terkenal yang menghilang secara misterius dari peradaban dunia  yang pernah diketahui dunia:

1. Babilon Kuno

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Babilon, Ibukota dari peradaban kuno babylonia ini merupakan sebuah kerajaan kuno Mesopotamia yang diperintah  oleh Raja Nebuchadnezzar II. Kota yang sangat dikenal di dunia ini adalah salah satu kota kuno yang menghilang secara misterius  dengan meninggalkan Hanging Gardens (Taman Gantung) di dalamnya.

Diceritakan, pada suatu hari istri Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan di rumahnya. Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir. Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, Namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat di temukan. Apalagi sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan bekas peradaban babilonia.

2. Angkor

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Angkor adalah sebuah kota besar di Kambodia yang juga merupakan tempat berdirinya kuil keagamaan Angkor Wat yang terbesar di dunia. Berada pada abad ke-9 sampai abad ke-15. Angkor adalah pusat kekuatan Kerajaan Khmer (Kambodia).

Misteriusnya kota ini hilang bukan karena bencana alam atau tenggelam di dasar laut, akan tetapi hanya di tinggalkan semua penghuninya di hutan belantara Kamboja selama hampir 300 tahun. Kota ini ditemukan kembali pada abad ke-18 .

Sebagai gambaran kota ini dapat disebut sebagai kota terbesar di dunia dalam zaman pre-industri. Rumor mengatakan bahwa tempat ini ditingalkan penduduknya karena ledakan populasi dan kurangnya dukungan infrastruktur.

3. Troy

Misteri, Sepuluh,  Kota, Kuno, Yang, Hilang

Troy merupakan kota legenda yang merupakan pusat dari berbagai sejarah modern seperti tempat kediaman Pahlawan Yunani Achilles dan kota dimana terjadinya Perang Kuda Trojan (Trojan Horse). Nama Troy sendiri dikenal melalui Syair Homer dalam sebuah sajak paling terkenal saat itu yakni lliad.

Keberadaan Troy sebagai kota peradaban kuno yang hilang ini sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga akhirnya di tahun 1871 tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja. Ada alasan mengapa Troy sering dikenal sebagai kota yang temboknya tidak dapat dikalahkan, Itu karena Troy sendiri dibangun diatas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat.

Sekarang hanya reruntuhan kota yang tersisa dari kota legendaris ini, Namun nama Achilles dan Kuda Trojan tetap dikenal dunia.

4. Petra

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Inilah salah satu kota yang paling menakjubkan yang pernah ada di dunia (tempat syuting film Transformer : Revenge of the Fallen) yang terletak di sebelah selatan Jordan dekat Laut Mati. Petra ditinggalkan karena gempa bumi yang merusak infrastruktur sistem pengairan dikota tersebut.   

Petra adalah nama sebuah kota yang hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah Ludwig Burckhhardt pada abad ke-18. Sejak saat itulah kota yang terletak di pertengahan gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia.

5. Mu atau Lemuria

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Mu atau Lemuria adalah sebuah dataran yang hilang dari permukaan bumi. Dikisahkan bahwa Mu adalah sebuah pulau dengan nuansa "Taman Eden" dan merupakan surga tropis di Pasifik hingga akhirnya tenggelam dan lenyap dari peradaban manusia. 

Awal mula keberadaan mu diketahui dari Arkeologis Augustus Le Plogeon. Ia mengatakan bahwa orang-orang Mu-lah yang sebenarnya menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir atau Mesoamerica.

6. Sodom dan Gomora


Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Kisah Sodom dan Gomora adalah salah satu kisah paling dikenal dunia agama. Dikisahkan Sodom dan Gomora ada adalah sebuah kota penuh dengan orang-orang yang sangat berdosa, oleh karena itu Tuhan kemudian menghukum mereka dengan memunculkan hujan api yang menghilangkan kota ini dari peradaban manusia. Kini nama Sodom dan Gomora dikaitkan dengan beberapa sifat jahat dan dosa di dunia, dan berbagai penulis literatur yang menggambarkan kota ini sebagai kota raksasa modern dengan penduduknya yang tidak bermoral.

Walaupun hingga sekarang tidak ada bukti nyata atas keberadaan kota hilang ini, sebuah teori mengatakan bahwa pada kenyataannya Sodom dan Gomora adalah kota kuno Kanaan, yang mengalami bencana meteor pada tahun 3123 Sebelum Masehi. Meteor tersebut menyebabkan panas luar biasa yang dapat menyebabkan kayu, kain, rambut, hingga kulit terbakar dan membuat kota itu menjadi sebuah kobaran api raksasa. Mereka yang hidup di zaman itu tentu belum mengenal yang namanya Meteor dan memperkirakan bahwa Tuhan-lah yang menghancurkan kota itu sebagai akibat amarahnya. Walaupun tidak ada bukti nyata atas teori ini namun cukup masuk akal.


7. Machu Piccu  

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Machu Picchu "Gunung Tua" sering juga disebut "Kota Inca yang hilang" adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.

8. Pompeii dan Herculaneum

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Pada tahun 79 Masehi, gunung berapi Vesusius di Naples, Itali, meletus dan menyebabkan waktu berhenti untuk sebuah kota Roma. Tertimbun 60 kaki di kedalaman abu dan bebatuan, tidak lain dan tidak bukan adalah Pompeii dan Herculaneum, sebuah kota yang walaupun ada di tahun 79 Masehi, memiliki peradaban seperti kota modern sekarang ini dan merupakan tempat hiburan masyarakat Roma kelas atas.

Selama 1.700 tahun, kota ini benar-benar adalah kota hilang yang peradabannya terlupakan dari sejarah manusia. Akhirnya di tahun 1748, ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pekerja kerajaan. Hingga sekarang kota ini tetap merupakan adalah tempat berkumpulnya para arkeologis dan turis dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya itu saja, sisa-sisa mereka yang mengalami bencana mengerikan ini masih dapat dilihat di kota ini, yakni Naples, Campania, Itali.

9. El Dorado

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

El Dorado  adalah sebuah legenda yang bermula dengan cerita tentang seorang ketua suku Amerika Selatan yang meliputi dirinya dengan debu emas.
 
Mitos bermula pada tahun 1530 di Andes (kini dikenali sebagai Kolombia), di mana conquistador Gonzalo Jiménez de Quesada menemui Muiska (1537), sebuah negara moden di Kundinamarka dan tanah tinggi Boyacá di Kolombia. Cerita tentang ritual-ritual Muiska adalah disebabkan Quito oleh Sebastian de Belalcazar; bercampur dengan desas-desus lain, timbul pula legenda El Dorado, Lelaki Keemasan— el indio dorado, orang India keemasan, dan el rey dorado, Raja Emas. Apabila difikirkan sebagai sebuah tempat, El Dorado menjadi sebuah negara terkenal raja keemasan.


Cerita asalnya boleh dijumpai dalam sejarah merewang, El Carnero, oleh Juan Rodriguez Freyle. Menurut Freyle, raja atau ketua sami Muiska dikatakan telah dilitupi dengan debu emas secara ritual dalam satu perayaan keagamaan yang diadakan di Tasik Guatavita, Bogotá.


10. Atlantis

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Atlantis  adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Critias
Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules", dan memiliki angkatan laut yang menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra "hanya dalam waktu satu hari satu malam".

Namun dalam kisahnya lokasi dari Atlantis tidaklah jelas dan sangat terbatas. Oleh karena itu ada sebagian orang mengatakan Atlantis adalah kota dongeng dan ada sebagian juga yang mengatakan Atlantis adalah salah satu misteri dunia yang sampai sekarang belum terpecahkan. 
    

Sumber:
Wikipedia
Tahupedia.com

      

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook